Ketika bekerja pada sebuah perusahaan, setiap karyawan umumnya akan diberikan sejumlah uang yang disebut dengan gaji. Tidak hanya gaji, perusahaan pun menawarkan kompensasi dalam bentuk lainnya atas tenaga yang diberikan karyawan.

Tidak jarang hal ini membuat istilah kompensasi dan gaji menjadi tumpang tindih, bahkan diartikan sebagai aspek yang sama. Lantas apa perbedaan kompensasi dan gaji? Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Pengertian Gaji pada Perusahaan

Apabila ditinjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaji diartikan sebagai upah kerja yang diterima oleh pekerja dalam bentuk uang dan dibayarkan dalam waktu tetap tertentu sebagai balas jasa. 

Akan tetapi, Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan upah sendiri sebagai uang maupun berbagai hal yang dibayarkan kepada karyawan sebagai bentuk balas jasa yang dikeluarkan. Itu berarti gaji sama dengan upah, namun upah tidak selalu berbentuk uang.

Upah bisa berbentuk logam mulia, makanan, atau barang berharga lainnya. Sedangkan gaji selalu berbentuk uang, dimana gaji ini mencakup gaji pokok karyawan ataupun gaji per jam. Itu juga termasuk pembayaran untuk penugasan khusus dan perbedaan shift.

 

Pengertian Kompensasi pada Perusahaan

Perbedaan kompensasi dan gaji akan lebih kamu pahami jika mengetahui pengertian kompensasi. Pada perusahaan, kompensasi diartikan sebagai total pembayaran yang diberikan kepada karyawan baik itu berbentuk tunai maupun non-tunai.

Jadi kompensasi ini biasanya berbentuk paket, lebih dari sekadar gaji yang secara rutin dibayarkan pada waktu tertentu oleh perusahaan. Beberapa hal yang termasuk dalam kategori kompensasi antara lain gaji pokok, upah lembur, komisi penjualan, serta manfaat non-tunai lainnya.

Sehingga bentuk dari kompensasi yang biasa diberikan oleh perusahaan ini sangat beragam. Dimana sifatnya memang tidak hanya materi saja, melainkan bisa pula berbentuk tunjangan. Secara umum, ada empat bentuk kompensasi yang biasa diberikan kepada karyawan. Yaitu gaji, insentif, tunjangan, dan fasilitas.

 

Gaji sebagai Bentuk Kompensasi

Setelah mengetahui pengertian keduanya, tentu perbedaan kompensasi dan gaji menjadi jelas di sini. Gaji pada perusahaan merupakan salah satu bentuk dari kompensasi. Dimana beberapa perusahaan biasanya menerapkan sistem pembayaran gaji per jam.

Sistem tersebut memungkinkan pekerja mendapatkan nominal yang jauh lebih besar ketika bekerja lebih lama. Sistem ini biasanya sering diterapkan pada pekerja di bagian produksi dan pemeliharaan mesin atau pada buruh.

 

Insentif sebagai Bentuk Kompensasi

Insentif merupakan uang yang diterima oleh pekerja di luar gaji atau upah yang telah ditetapkan, sehingga adanya insentif membuat para karyawan memperoleh nominal yang jauh lebih besar.

Insentif sendiri diberikan melalui beberapa faktor, seperti keuntungan lebih atau penjualan yang melebihi target perusahaan. Tidak hanya itu, insentif juga bisa diberikan dari produktivitas perusahaan yang meningkat dari biasanya.

 

Tunjangan sebagai Bentuk Kompensasi

Jika gaji dan insentif umumnya langsung berupa uang, maka lain halnya dengan tunjangan. Tunjangan merupakan bentuk kompensasi yang diberikan kepada karyawan tidak dalam wujud uang secara langsung.

Jadi tunjangan ini bisa berupa asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau keselamatan pekerja. Program pensiun yang berhubungan dengan kepegawaian hingga liburan yang ditanggung oleh perusahaan juga termasuk tunjangan.

 

Fasilitas sebagai Bentuk Kompensasi

Fasilitas yang disediakan oleh perusahaan untuk menunjang setiap karyawannya merupakan salah satu bentuk kompensasi. Jenis kompensasi non-tunai ini bisa sangat beragam, seperti mobil dinas perusahaan, keanggotaan klub olahraga, hingga tempat parkir khusus.

Lazimnya, bentuk kompensasi ini disesuaikan dengan kemampuan perusahaan serta posisi dari pekerja yang diberikan kompensasi. Dari sini, tentu sudah sangat jelas apa perbedaan kompensasi dan gaji pada perusahaan.

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa gaji termasuk bagian dari kompensasi. Namun kompensasi sendiri tidak melulu perihal gaji, dimana kompensasi ini memiliki bentuk yang sangat luas seperti yang telah dijelaskan.

 

Temukan Tunjangan Karyawan Terbaik dan Terpercaya!

Platform digital Aman membantu perusahaan untuk lebih mudah mencari dan mengelola asuransi karyawan.  

Bagi kamu yang ingin mencari asuransi karyawan untuk perusahaanmu, caranya sangatlah mudah! Tidak pakai repot, hubungi Aman sekarang.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang