Hampir setiap orang pasti sudah familiar dengan istilah kompensasi dan benefit di zaman sekarang ini. Pasalnya setiap perusahaan saat ini berlomba lomba menyediakan kedua hal tersebut sebagai tawaran menarik di samping gaji pokok.

Namun, sebagian besar orang masih menganggap pengertian kompensasi dan benefit sebagai konsep yang sering tumpah tindih. Bahkan ada yang menganggap kompensasi sama dengan benefit dan sebaliknya. Untuk lebih memahami konsep tersebut, simak ulasan selengkapnya berikut.

 

Apakah Kompensasi Sama dengan Gaji?

Kompensasi bisa dibilang lebih mirip dengan gaji ketimbang benefit. Bila ditinjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kompensasi ini bahkan diartikan sebagai imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dan berupa uang maupun bukan uang.

Oleh sebab itu gaji bisa termasuk ke dalam kompensasi. Dan kompensasi dalam bentuk uang biasa disebut dengan upah atau gaji. Itulah mengapa di dalam UU Ketenagakerjaan pun istilah yang digunakan adalah upah, penghasilan, tunjangan, dan pendapatan non upah.

Secara sederhana, kompensasi adalah segala bentuk pemberian kepada karyawan yang berkaitan dengan pekerjaannya. Kompensasi ini mengacu pada suatu paket dengan beberapa unsur, seperti gaji, insentif, bonus, tunjangan, dan sejenisnya.

 

Macam Macam Kompensasi

Lebih lanjut mengenai pengertian kompensasi dan benefit. Kamu sebaiknya mengenali macam macam kompensasi yang ada. Dimana secara umum, kompensasi yang diberikan oleh perusahaan memiliki 3 macam yaitu kompensasi finansial secara langsung dan tidak langsung serta kompensasi non finansial.

Kompensasi finansial secara langsung yaitu berupa bayaran upah pokok atau gaji, bayaran insentif, bayaran tertangguh, hingga bayaran prestasi. Jadi bonus, komisi, program tabungan, hingga anuitas pembelian saham termasuk jenis kompensasi ini.

Lalu kompensasi finansial tidak langsung di antaranya seperti program program proteksi layaknya asuransi kesehatan, asuransi tenaga kerja, asuransi jiwa, dan dana pensiun. Lalu bayaran di luar jam kerja seperti cuti tahunan hingga fasilitas kantor seperti kendaraan juga termasuk jenis kompensasi ini.

Sedangkan kompensasi non finansial berhubungan dengan pekerjaan dan lingkungan kerja yang tidak berkaitan finansial. Seperti tugas tugas yang menarik, kebijakan kebijakan yang sehat, hingga lingkungan kerja yang nyaman.

 

Pengertian Benefit

Pengertian kompensasi dan benefit, untuk benefit artinya yaitu pemberian tambahan dari perusahaan kepada karyawannya yang di luar kompensasi. Sifat dari benefit ini adalah non tunai, tujuannya yakni menunjang kesejahteraan karyawan baik secara individu maupun keluarganya.

Jadi, bisa juga diartikan bahwa benefit ini wujudnya yaitu berupa kompensasi finansial tidak langsung maupun kompensasi non finansial. Dimana istilah benefit sendiri tidak secara spesifik diatur di dalam undang undang negara Indonesia.

Oleh sebab itu, manajemen perusahaan bisa secara bebas merencanakan program benefit untuk para karyawannya. Sehingga tidak jarang masing masing perusahaan berlomba lomba untuk merencanakan program benefit yang kreatif dan semenarik mungkin.

Tujuannya tidak lain adalah untuk menjadi appeal point bagi para top candidate. Bagi karyawan sendiri, tentunya benefit yang menarik tentu akan sangat menggiurkan dan membuat mereka akan lebih loyal dalam bekerja di perusahaan.

Beberapa contoh benefit menarik yang bisa ditawarkan antara lain staycation, gym, voucher belanja, akses pinjam ke bank, dan lain sebagainya. Tentunya benefit yang ditawarkan ini harus disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan perusahaan terlebih dahulu.

Karena tujuan dari program employee benefit tidak hanya mensejahterakan karyawan saja. Namun sekaligus membantu perusahaan untuk bertumbuh dan berkembang, dengan cara mendapatkan karyawan top candidate yang loyal terhadap perusahaan. Itulah pengertian kompensasi dan benefit.

Sudah jelas bukan bagaimana pengertian masing masing konsep di atas ? Kedua aspek tersebut merupakan hal yang penting, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Paket comben (compensation and benefit), tentunya perlu diformulasikan sekreatif mungkin agar masing masing pihak diuntungkan.

 

Temukan Benefit Karyawan Terbaik dan Terpercaya!

Platform digital Aman membantu perusahaan untuk lebih mudah mencari dan mengelola asuransi karyawan.  

Bagi kamu yang ingin mencari asuransi karyawan untuk perusahaanmu, caranya sangatlah mudah! Tidak pakai repot, hubungi Aman sekarang.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang