Salah satu aset terbesar yang dimiliki perusahaan adalah karyawan atau pekerja. Oleh karena itu, perusahaan selalu berupaya mengelola karyawan dengan efektif agar produktivitas karyawan tetap terjaga dengan baik, sehingga karyawan dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk memajukan perusahaan. Salah satu upaya yang perusahaan lakukan adalah dengan memperhatikan kesehatan karyawannya melalui program employee health wellness.

Employee health wellness adalah program kesehatan yang disusun perusahaan dalam rangka menerapkan pola gaya hidup sehat kepada karyawan lewat berbagai edukasi, jaminan kesehatan, benefit non tunai, dan lainnya. Tujuannya adalah agar karyawan sehat secara fisik, psikis, mental maupun sosial, sehingga mampu bekerja lebih produktif dan terhindar dari berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu produktivitas karyawan, seperti stres, kelelahan, lingkungan kerja yang tidak sehat dan lainnya.

Saat ini banyak perusahaan yang sudah mulai sadar pentingnya investasi kesehatan karyawan melalui penerapan program employee health wellness. Berbagai jenis layanan dalam program employee health wellness yang umumnya diberikan perusahaan kepada karyawan, seperti makan siang sehat, gym center di kantor, kelas yoga, olahraga bersama (futsal, jogging, renang, voli, bulu tangkis, sepeda), klaim medis, dan senam bersama.

Banyak manfaat bisa dirasakan oleh karyawan dan perusahaan jika program employee health wellness dapat diterapkan dengan baik. Bagi karyawan, manfaat yang dapat dirasakan langsung yaitu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, sehingga dapat bekerja lebih rajin, positif, dan produktif. Sementara bagi perusahaan, berikut  manfaat yang dapat dirasakan dari penerapan program employee health wellness:

1. Meningkatkan produktivitas karyawan

Salah satu penentu baik atau tidaknya produktivitas suatu perusahaan ditentukan oleh kesehatan karyawannya. Karyawan akan mampu bekerja lebih produktif apabila memiliki kesehatan yang baik dan terjaga. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh The American College of Occupational and Environmental Medicine, riset menunjukkan bahwa wellness program mampu meningkatkan produktivitas di antara karyawan. Jika perusahaan mampu menerapkan berbagai program kesehatan yang dapat membantu karyawan menerapkan pola gaya hidup sehat, maka karyawan akan memiliki kondisi fisik yang sehat sehingga karyawan menjadi lebih fokus serta semakin termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

2. Meningkatkan engagement karyawan

Engagement karyawan akan tumbuh dengan baik apabila hubungan antara karyawan dengan perusahaan terjalin dengan erat. Melalui berbagai program employee health wellness, seperti aktivitas kelompok senam bersama, makan siang sehat, dan kegiatan bersama lainnya dapat meningkatkan engagement karyawan. Dengan meningkatnya engagement karyawan yang kuat, seluruh karyawan akan memiliki hubungan baik dan positif sehingga kinerja tim menjadi lebih optimal.  Selain itu, karyawan juga tidak akan segan memberikan refferals ke orang lain mengenai perusahaannya dan secara tidak langsung meningkatkan brand-awarness perusahaan di depan publik.

3. Meningkatkan retensi karyawan

Program employee health wellness akan memberikan nilai berkesan bagi karyawan, sehingga mereka merasa nyaman untuk bekerja di perusahaan. Karena karyawan merasa nyaman selama bekerja, hal ini secara langsung dapat menekan tingkat turnover dan meningkatkan retensi serta loyalitas karyawan.

4. Meningkatkan kemampuan kognitif dan moral karyawan

Program employee health wellness akan membantu karyawan untuk berpikir lebih sehat dan positif. Jika karyawan berpikir lebih positif, maka secara langsung akan meningkatnya motivasi karyawan dalam bekerja serta meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan demikian, budaya dan lingkungan perusahaan akan menjadi baik serta moral karyawan dapat terus tetap terjaga.

4. Menurunkan faktor-faktor penyebab penyakit

Lewat program employee health wellness, perusahaan secara langsung membantu karyawan menekan berbagai faktor kemungkinan penyebab penyakit seperti stres, kelelahan, dan lainnya. Aktivitas seperti makan makanan yang sehat dan olahraga secara teratur dapat membantu karyawan terhindar dari berbagai penyakit seperti kolesterol, darah tinggi hingga obesitas.

Penting bagi perusahaan untuk menerapkan program employee health wellness sebagai bagian dari strategi bisnis. Di samping memberikan manfaat tersendiri bagi karyawan, perusahaan juga akan merasakan manfaat serta dampak positif dari investasi program employee health wellness. Tentunya program ini harus disusun dan disesuaikan dengan kemampuan perusahaan, agar ke depannya program ini berjalan sesuai rencana dan harapan.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang