Asuransi jiwa adalah salah satu bentuk produk asuransi yang paling banyak tersedia dan digunakan oleh masyarakat. Kamu sendiri pastinya sudah tidak asing lagi dengan produk asuransi satu ini. Yang mana asuransi jiwa adalah perlindungan atas risiko kematian bagi keluarga peserta pemegang polis asuransi. Sehingga memiliki jenis asuransi ini seringkali dianggap sebagai pilihan cerdas karena manfaat yang mampu diberikannya. Berikut beberapa manfaat asuransi jiwa tersebut.

 

1. Mencegah Hilangnya Penghasilan Keluarga

Tertanggung dalam polis asuransi jiwa umumnya adalah kepala keluarga atau anggota keluarga yang berperan sebagai pemberi nafkah. Tujuannya adalah agar asuransi jiwa ini mampu memberi manfaat berupa pencegahan hilangnya penghasilan keluarga.

Karena jika kepala keluarga atau pemberi nafkah utama di keluarga meninggal dunia, maka secara otomatis pemasukan di dalam keluarga pun akan hilang, dan mengakibatkan keluarga yang ditinggalkan mengalami kesulitan finansial.

Namun dengan adanya asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan tersebut bisa mendapat manfaat berupa uang tunai dari penanggung asuransi. Sehingga uang tunai ini bisa digunakan untuk melanjutkan hidup.

 

2. Melindungi Ahli Waris

Selain mencegah hilangnya penghasilan dalam keluarga, manfaat asuransi jiwa lainnya yaitu untuk melindungi ahli waris. Karena dengan adanya asuransi jiwa ini, maka kepala keluarga bisa melindungi ahli warisnya dari berbagai risiko beban finansial yang menyulitkan apabila terjadi sesuatu pada pemberi nafkah.

Meskipun asuransi jiwa tidak bisa mencegah terjadinya musibah, namun manfaat dari asuransi ini nantinya bisa diklaim ketika pihak tertanggung meninggal dunia. Sehingga adanya manfaat tersebut akan meminimalkan kerugian finansial yang diakibatkan oleh musibah yang terjadi.

 

3. Manfaat untuk Cacat Permanen

Tidak hanya musibah berupa kematian saja, namun beberapa model asuransi jiwa juga mampu memberikan manfaat perlindungan apabila tertanggung polis mengalami cacat permanen atau cacat sebagian.

Pasalnya musibah seperti cacat permanen atau cacat sebagian juga berpotensi membuat pemberi nafkah di dalam keluarga kehilangan pekerjaannya. Alhasil income keluarga pun akan hilang.

Namun dengan adanya asuransi jiwa, perusahaan asuransi akan membayar manfaat sebesar yang telah disepakati dalam polis. Dalam hal ini, uang pertanggungan umumnya dibayar dengan pembayaran sekaligus. Sehingga manfaat asuransi pun akan berakhir setelah itu.

 

4. Menanggung Biaya Seumur Hidup

Manfaat asuransi jiwa selanjutnya yaitu menanggung biasa seumur hidup. Sebab asuransi jiwa sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, misalnya asuransi jiwa whole life. Jenis asuransi ini bisa memberi kamu perlindungan seumur hidup.

Lazimnya perlindungan dari asuransi jiwa whole life berlaku sampai tertanggung berusia 99 sampai 100 tahun. Tentunya asuransi jenis ini berbeda dari asuransi jiwa berjangka, jadi pastikan kamu mengetahui setiap ketentuannya terlebih dahulu.

 

5. Tambahan untuk Perawatan Medis

Seperti yang telah disebutkan, asuransi jiwa terbagi ke dalam beberapa jenis. Dimana tidak jarang  suatu produk tersebut juga akan menyertakan berbagai manfaat tambahan, seperti pertanggungan biaya pengobatan khusus untuk penyakit kritis.

Bahkan ada pula yang menyertakan manfaat tambahan berupa biaya medis lainnya. Sehingga produk asuransi jiwa seperti itu akan sangat cocok bagi kamu yang telah berkeluarga.

 

6. Memberi Rasa Tenang dan Aman

Memberikan rasa tenang dan aman merupakan salah satu manfaat asuransi jiwa. Karena sakit maupun kematian bisa terjadi kapan saja tanpa dapat diprediksi terlebih dahulu. Sehingga adanya asuransi jiwa ini bisa menjadi pilihan sebagai dana darurat apabila hal tersebut terjadi.

Asuransi jiwa akan memastikan kebutuhan finansial di masa depan tetap terpenuhi, apabila pemegang polis atau tertanggung mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat total atau cacat sebagian hingga kematian.

Itulah berbagai manfaat dari asuransi jiwa. Manfaatnya memang begitu melimpah, namun perlu diingat bahwa asuransi ini tidak mencegah musibah terjadi. Selain itu, ada baiknya kamu juga mengimbangi dengan menabung dan melakukan investasi lainnya sebagai bekal di masa mendatang.

 

Efektif dan Efisien Bersama Aman!

Manfaat asuransi jiwa memang sangat berpengaruh dalam menunjang kinerja para pekerja. Asuransi jiwa adalah bentuk penghargaan dan jaminan perusahaan terhadap pekerja. Pemilihan plafon dan premi yang sembarangan tentu membuat uang yang Anda keluarkan sia-sia. 

Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu bersama Aman, bandingkan dan pelajari dengan lebih cepat. Aman memiliki berbagai rekanan asuransi terpercaya mengelola perusahaan. Klaim tidak perlu rumit dan proses tentu berlangsung transparan. Kunjungin dan utarakan kebutuhan perusahaan Anda bersama Aman sekarang!

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang