Jenis tunjangan karyawan swasta dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa macam. Hal tersebut tentu harus diketahui orang para pelamar sebelum bekerja di suatu perusahaan.

Ketika kita melamar pekerjaan, tunjangan tentu merupakan salah satu aspek yang menjadi pertimbangan kita. Tidak hanya terbatas pada gaji pokok, dengan adanya tunjangan kita menjadi lebih terbantu.

Tunjangan ini bisa diterima oleh karyawan dalam bentuk uang tunai, menjadi tambahan angka pada gaji ataupun dalam program kesejahteraan lain. Sebagai karyawan tentu kita berharap bisa bekerja di perusahaan yang bisa memberikan keuntungan maksimal.

 

Tunjangan Tetap

Tunjangan tetap merupakan tunjangan yang wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada para pekerjanya. Karyawan berhak atas gaji pokok untuk setiap pekerjaan yang telah dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

 

1. Tunjangan Kesehatan

Tidak semua perusahaan memberikan tunjangan kesehatan kepada seluruh karyawannya. Padahal, tunjangan yang satu ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan karyawan agar tetap produktif saat bekerja.

Bentuk tunjangan juga menyesuaikan kebijakan masing-masing perusahaan. Ada yang memberikan tunjangan dalam bentuk medical check up, pemberian vitamin secara berkala, ataupun biaya pengobatan ketika karyawan sakit.

 

2. Tunjangan Pensiun

Bentuk tunjangan yang satu ini bisa berupa coverage perusahaan untuk pembayaran iuran jaminan pensiun. Hal ini bisa dilakukan perusahaan untuk membantu karyawan merencanakan kehidupan setelah melewati masa produktif.

Pada UU Ketenagakerjaan Pasal 167 Ayat (3), jika pekerja di-PHK karena memasuki usia pensiun namun perusahaan mendaftarkannya ke program jaminan pensiun, maka perhitungan pesangon pensiun didasarkan pada jumlah premi yang sudah dibayar oleh perusahaan.

Namun, setelah adanya UU Cipta Kerja Pasal 81 Angka 56, semua karyawan yang diberhentikan oleh perusahaan dengan alasan apa pun (termasuk memasuki usia pensiun) berhak memperoleh uang pesangon dan atau UPMK dan UPH.

 

3. Tunjangan Jabatan

Setiap posisi di perusahaan tentu memiliki tanggung jawab dan risikonya masing-masing. Dengan adanya tanggung jawab dan risiko tersebut, perusahaan memberikan tunjangan sebagai bentuk  kompensasi.

Tunjangan ini diberikan kepada jabatan struktural ataupun fungsional. Bagi karyawan yang tidak menduduki jabatan struktural maupun fungsional hanya akan mendapatkan tunjangan umum.

Tunjangan umum menjadi bentuk apresiasi perusahaan atas profesionalitas karyawan dalam menyelesaikan tugas serta tanggung jawabnya.

 

4. Tunjangan Istri dan Anak

Tidak hanya untuk pegawai negeri, tunjangan yang satu ini juga banyak diberikan oleh perusahaan swasta pada karyawannya. Tunjangan ini merupakan salah satu contoh tunjangan yang cukup umum.

Setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing. Terkait tunjangan anak, perusahaan membatasi 2 – 3 anak saja yang ditanggung.

 

Tunjangan Lain

Selain tunjangan tetap, ada juga jenis tunjangan karyawan swasta lainnya yang harus Anda ketahui jika bekerja di suatu perusahaan.

 

1. Tunjangan Makan

Tunjangan ini merupakan tunjangan makanan harian karyawan yang ditanggung oleh perusahaan. Namun, karena merupakan tunjangan tidak tetap maka tunjangan makan diterima karyawan hanya berdasarkan kehadirannya saja.

Ada banyak perusahaan yang memberikan uang atau tunjangan makan kepada karyawannya. Perusahaan yang memberikan tunjangan kepada karyawannya, jumlahnya tidak boleh lebih dari 25% dari total gaji pokok.

Karena tunjangan ini tidak wajib, perusahaan bisa mengganti uang makan dengan memberikan makan siang kepada karyawan sebagai bagian dari benefit non tunai.

 

2. Tunjangan Kendaraan atau Transportasi

Tunjangan yang diberikan dapat berupa fasilitas kendaraan dari perusahaan yang dapat digunakan selama karyawan masih kerja di perusahaan tersebut. Fasilitas lainnya dapat berupa uang yang diberikan untuk mengganti uang transport.

 

3. Tunjangan Hari Raya (THR)

Pengertian THR menurut Kementerian Ketenagakerjaan dalam peraturannya adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh Pengusaha kepada Pekerja atau Buruh atau keluarganya menjelang Hari Raya Keagamaan.

Tunjangan yang satu ini memang merupakan tunjangan keagamaan namun, tunjangan hari raya juga diberikan kepada seluruh karyawan. Jadi, tidak hanya untuk penganut kepercayaan tersebut saja, ya!

Tunjangan ini diberikan sebelum hari raya tiba. Pemberian tunjangan ini juga diatur lho oleh pemerintah. Bagi perusahaan atau instansi yang terlambat atau bahkan tidak memberikan THR tentu akan mendapat sanksi dari pemerintah.

Nah, untuk penerimanya sendiri dibagi ke dalam beragam status kerja, mulai dari PKWTT (perjanjian kerja waktu tidak tertentu), dan beragam jenis PKWT (perjanjian kerja waktu tertentu). Hampir semua lapisan tenaga kerja berhak atas THR, namun dengan ketentuan besaran yang berbeda-beda.

 

Pahami Berbagai Jenis Tunjangan Karyawan!

Aman adalah solusi bagi Anda yang sedang mencari asuransi dan ingin membandingkannya terlebih dahulu. Tidak hanya membantu membandingkan, Aman juga menyediakan aplikasi bagi para pekerja nantinya untuk mengakses benefit dan melakukan klaim hingga reimburse.

Aplikasinya dapat dengan mudah kamu unduh di Google Play dan App Store. PT. Insurtech Technologies Indonesia juga sudah terdaftar resmi di Kemkominfo, jadi kamu tidak perlu khawatir atau ragu lagi ya!

Berbagai artikel informatif juga bisa Anda baca untuk menambah wawasan Anda. Yuk, simak juga artikel menarik lainnya hanya di Aman Blog!

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang