Asuransi memiliki manfaat dalam memberikan atau menanggung ganti rugi ketika terjadi risiko tertentu. Dengan manfaatnya tersebut, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk membeli produk asuransi. Di Indonesia sendiri, terdapat beragam produk asuransi yang ditawarkan kepada masyarakat. Kalau kamu ingin membeli salah satu produk asuransi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis asuransi berikut ini.

 

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang sangat mudah ditemukan di dalam negeri. Bisa dibilang bahwa produk ini merupakan salah satu yang paling dasar, dengan manfaatnya yaitu melindungi jiwa tertanggung dari risiko berupa kematian.

Adanya asuransi jiwa akan menanggung kerugian finansial tidak terduga yang dapat terjadi kepada masyarakat, lantaran risiko berupa kematian atau hidup terlalu lama. Lazimnya, yang menjadi tertanggung polis pada asuransi jiwa merupakan kepala keluarga atau yang berperan sebagai pencari nafkah di dalam keluarga.

Hal tersebut bertujuan agar keluarga yang ditinggalkan tidak mengalami kesulitan finansial setelah pencari nafkah meninggal dunia. Hal ini pula yang membuat produk asuransi tersebut sering dijadikan sebagai warisan kepada anak istri apabila nantinya seseorang meninggal.

 

2. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi berikutnya yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia yaitu produk asuransi kesehatan. Biasanya, produk asuransi seperti ini diberikan oleh instansi atau perusahaan tempat individu bekerja. 

Program BPJS kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah juga bisa termasuk ke dalam jenis produk asuransi kesehatan. Pada praktiknya sendiri, produk ini dapat dikategorikan menjadi 2 macam jenis proteksi. Yakni dengan sistem reimbursement dan proteksi sistem kartu.

Untuk sistem reimbursement, jika pemegang polis dirawat di rumah sakit maka mereka harus membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu. Baru nantinya mengajukan klaim pada perusahaan asuransi.

Sementara proteksi sistem kartu memungkinkan pembayaran rumah sakit dilakukan hanya dengan menunjukkan kartu provider, yang sebelumnya telah diberikan oleh perusahaan asuransi. Biasanya biaya pertanggungan yang diberikan bisa berbeda antara satu perusahaan asuransi dengan lainnya.

 

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan menjadi salah satu jenis asuransi yang pastinya sudah sangat familiar di telinga masyarakat tanah air. Bagaimana tidak, produk ini biasanya langsung ditawarkan bersamaan dengan pembelian kendaraan. Sehingga kamu sendiri pasti sudah tidak asing lagi.

Meski begitu, asuransi kendaraan juga bisa diberi secara terpisah dengan kendaraan terkait. Yang mana fungsi dari asuransi ini adalah melindungi kendaraan kamu dari berbagai risiko di jalan raya. Umumnya terdapat 2 macam asuransi kendaraan, yaitu All Risk dan Total Loss Only.

 

4. Asuransi Perjalanan

Produk asuransi yang juga sering disebut dengan nama asuransi travel ini, menawarkan perlindungan terhadap risiko yang bisa terjadi ketika kamu tengah menempuh suatu perjalanan. Produk ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang mempunyai hobi traveling.

Saat ini sudah banyak pembelian tiket transportasi yang disertai dengan asuransi perjalanan seperti kereta api, kapal, maupun pesawat. Tidak hanya memberi perlindungan pada risiko kecelakaan saja, tapi asuransi perjalanan juga bisa mencakup risiko kehilangan atau kerusakan bagasi.

 

5. Asuransi Pendidikan

Produk asuransi pendidikan ditujukan untuk para orang tua yang telah memiliki anak. Adanya produk ini akan memberi manfaat berupa jaminan biaya pendidikan bagi buah hati sampai tingkat perguruan tinggi, tergantung pada produk yang dipilih.

Perlu diingat bahwa asuransi pendidikan dan produk tabungan pendidikan adalah dua hal yang berbeda. Asuransi pendidikan ini disertai dengan investasi, sementara tabungan pendidikan hanya tabungan dengan jangka waktu tertentu yang ditambah sejumlah bunga.

 

6. Asuransi Properti

Jika kamu memiliki properti seperti rumah, perusahaan, ataupun berbagai barang berharga lainnya, jenis asuransi properti inilah yang umumnya akan menjadi pilihan. Produk ini akan memberikan perlindungan atas risiko kerusakan atau kehilangan pada barang pribadi tertanggung.

Itulah beberapa produk asuransi yang umum ditemukan di Indonesia. Tentunya kamu tidak bisa hanya mengandalkan asuransi saja untuk menghadapi berbagai risiko finansial yang ada. Penting untuk menyiapkan dana darurat hingga melakukan investasi sebagai tabungan di masa depan.

 

Temukan Asuransi Karyawan Terbaik dan Terpercaya!

Platform digital Aman membantu perusahaan untuk lebih mudah mencari dan mengelola asuransi karyawan.  

Bagi kamu yang ingin mencari asuransi karyawan untuk perusahaanmu, caranya sangatlah mudah! Tidak pakai repot, hubungi Aman sekarang.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang