Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang berbentuk proteksi atau perlindungan bagi kesehatan bagi tertanggung polis. Produk asuransi ini termasuk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Pada praktiknya, asuransi kesehatan ini ternyata memiliki beberapa jenis yang dibagi berdasarkan banyak kategori. Apa saja? Yuk intip jenis jenis asuransi kesehatan berikut ini sebelum kamu memutuskan untuk mendaftarkan diri dan membelinya.

 

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan

 

1. Asuransi Rawat Jalan (out-Patient)

Beberapa jenis biaya perawatan yang biasanya di-cover asuransi rawat jalan, yaitu cek lab, diagnosis dokter, perawatan gigi, medical check up, biaya pembelian obat dan berbagai tindakan yang tidak mengharuskan tertanggung untuk dirawat atau opname di rumah sakit.

 

2. Asuransi Rawat Inap (in-Patient)

Ketika Anda sakit dan mengharuskan anda untuk dirawat di rumah sakit, jenis asuransi yang satu ini akan menanggung biaya perawatan tersebut.

 

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Badan Penyelenggara

 

1. Pemerintah

Sesuai dengan namanya, asuransi ini dikeluarkan dan dikelola oleh pemerintah. Premi yang dibayarkan pun bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah, tetapi hanya bagi mereka yang berhak mendapatkannya. Asuransi pemerintah memiliki berbagai keterbatasan jika dibandingkan dengan asuransi swasta. Contoh dari asuransi pemerintah, yaitu BPJS Kesehatan.

 

2. Swasta

Asuransi ini dikelola oleh badan penyelenggara atau pihak swasta. Premi yang harus dibayarkan oleh pemegang polis sangat bervariasi. Meskipun pembayaran preminya bisa dibilang lebih mahal daripada asuransi pemerintah, namun hal itu sebanding dengan manfaat yang akan pemegang polis dapatkan.

 

Berdasarkan Pihak yang Ditanggung

 

1. Individu

Asuransi individu hanya mengcover satu orang saja, yaitu pemegang polis. Di dalam polis asuransi personal, tertanggung tidak bisa menggunakan asuransi tersebut untuk orang lain.

 

2. Kelompok

Biasanya model asuransi untuk kelompok banyak digunakan untuk sebuah perusahaan atau untuk keluarga. Tentunya biaya premi yang harus dibayarkan untuk model asuransi kelompok akan jauh lebih mahal karena semakin banyak orang. Kamu dan keluarga atau kelompokmu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing masing.

 

Hindari Kesalahan dalam Memilih Asuransi Kesehatan!

Memilih asuransi yang tepat khususnya untuk karyawan Anda adalah salah satu investasi yang Anda lakukan terhadap keberlangsungan perusahaan. Dimana Anda ikut menjamin kesehatan dan kesejahteraan para pegawai perusahaan. Terburu-buru memilih plafon kesehatan dan premi dengan asal bisa saja merugikan karyawan dan tentu mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Untuk itu, lakukan riset terlebih dahulu dan jangan malu bertanya.

Aman adalah solusi bagi Anda yang sedang mencari asuransi dan ingin membandingkannya terlebih dahulu. Tidak hanya membantu membandingkan, Aman juga menyediakan aplikasi bagi para pekerja nantinya untuk mengakses benefit dan melakukan klaim hingga reimburse. Selain itu Anda dapat mengoptimalkan pemilihan plafon asuransi dari waktu ke waktu menyesuaikan budget perusahaan dan berdasarkan tracking penggunaan benefit. 

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang