Istilah asuransi rasanya sudah dikenal oleh hampir semua orang di zaman sekarang ini. Bahkan bagi sebagian masyarakat modern, asuransi sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Kendati demikian, nyatanya masih cukup banyak orang yang ternyata tidak mengetahui apa fungsi utama dari produk tersebut.

Jadi, bagi kamu yang belum mempunyai asuransi, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja fungsi asuransi secara umum sebelum memutuskan membeli produk. Berikut simak fungsi utama dari produk asuransi.

 

1. Asuransi Sebagai Pengalihan Risiko

Dalam menjalani kehidupan, risiko itu pasti selalu ada dan sifatnya tidak terduga alias tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Misalnya seseorang tiba tiba mengalami kecelakaan, tiba tiba dipecat dari pekerjaan, atau didiagnosa menderita penyakit mematikan sekalipun.

Meski tidak ada yang mengharapkan hal tersebut terjadi kepada siapapun, namun tidak akan ada yang pernah tahu kapan risiko ini bisa datang menghampiri. Di sini lah fungsi utama dari asuransi akan terlihat, yakni sebagai pengalihan risiko yang berhubungan dengan kerugian finansial.

Pasalnya berbagai musibah seperti yang telah disebutkan, secara tidak langsung akan berdampak pada kerugian finansial bagi seseorang. Bahkan ketika seseorang tersebut mengalami musibah hingga meninggal dunia.

Meskipun asuransi tidak dapat mengalihkan risiko meninggal dunia tersebut, namun adanya asuransi akan membantu mengurangi kerugian finansial bagi keluarga yang telah ditinggalkan.

 

2. Melindungi Risiko Kebangkrutan

Fungsi asuransi lainnya yaitu melindungi risiko kebangkrutan. Karena jenis asuransi itu ada banyak, dan ada pula yang bisa digunakan untuk perlindungan usaha. Jadi bagi kamu yang merupakan pengusaha perintis bisa memanfaatkannya.

Terlebih usaha startup biasanya akan lebih berpotensi mengalami naik turun dalam menjalankan bisnisnya. Oleh sebab itu, fungsi dari asuransi nantinya akan terlihat di sana. Dimana asuransi dapat mencegah terjadinya kebangkrutan baik pada mereka yang baru saja memulai usaha maupun yang sudah lama.

 

3. Asuransi Sebagai Investasi

Nyatanya, instrumen investasi itu memiliki banyak sekali bentuk. Dan produk asuransi bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang dilakukan oleh masyarakat. Asuransi sebagai investasi lantaran dana nasabah yang dihimpun akan dikembangkan oleh perusahaan asuransi.

Terlebih dana asuransi umumnya ada yang bisa diambil pada masa tertentu, karena tidak karena sebelumnya tidak pernah ada klaim sama sekali. Fungsi asuransi ini tentu akan sangat memberikan manfaat bagi nasabah.

Selain itu, dana yang dikembangkan oleh perusahaan asuransi juga sekaligus dapat menghemat biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulannya. Namun tentunya ketentuan ini tergantung produk asuransi yang kamu pilih.

 

4. Jaminan Keseimbangan Premi dengan Manfaat

Manfaat yang kamu peroleh dari suatu produk asuransi akan seimbang dengan premi yang kamu bayarkan sesuai perjanjian. Itu berarti nasabah akan mendapat keseimbangan antara perlindungan yang diperoleh dengan yang dana yang dibayarkan setiap bulannya.

Tentunya hal tersebut akan menghindarkan nasabah dari berbagai kerugian. Jadi bila mereka membayar premi tinggi, maka pertanggungan yang diperoleh juga akan tinggi. Selain itu, umumnya kondisi kesehatan dan usia seseorang juga dapat mempengaruhi harga dari premi perlindungan asuransi.

 

5. Mendukung Kemajuan Ekonomi

Fungsi asuransi selanjutnya yaitu mendukung kemajuan ekonomi secara nasional. Hal ini lantaran asuransi dianggap mampu memberi kepastian dan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat. Alhasil mereka pun menjadi lebih produktif bekerja berkat adanya kepastian tersebut.

Asuransi yang dapat memberi modal bagi perekonomian bangsa tentunya mampu mendukung kemajuan ekonomi nasional. Kondisi ini pada akhirnya akan membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Melihat ulasan di atas, asuransi memang mempunyai banyak fungsi dan manfaat bagi masyarakat. Namun bukan berarti jika asuransi ini tidak ada risiko apapun dan membuat kamu kebal dengan berbagai risiko. Oleh karena itu, penting untuk mengimbanginya dengan menabung dan kegiatan investasi lain.

 

Hemat Biaya Asuransi untuk Hasil Optimal!

Siapa bilang plafon asuransi lebih baik memilih yang termahal agar mendapatkan benefit yang komplit. Hal ini sering kali salah diartikan oleh banyak orang. Hal yang benar adalah Anda memahami premi yang Anda pilih dan apa saja keuntungan dibaliknya. Setiap asuransi tentu memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Untuk itu kenali dengan tanggap kebutuhan para karyawan, pastikan benefit yang diterima sesuai.

Aman menyediakan aplikasi untuk membantu Anda menganalisa dan memaksimalkan pengeluaran benefit asuransi untuk karyawan. Sehingga kedepannya pelayanan terhadap karyawan dapat difungsikan lebih optimal. Hubungi  Aman  untuk mendapatkan kualitas asuransi terbaik bagi karyawan Anda sekarang!

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang