Kinerja karyawan adalah suatu hasil yang dicapai oleh karyawan tersebut dalam melaksanakan tugasnya menurut kriteria tertentu yang berlaku untuk suatu pekerjaan tertentu.

Pengertian kinerja atau performance merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan visi dan misi organisasi yang dituangkan melalui perencanaan strategi suatu organisasi.

 

Seberapa Penting Kinerja Karyawan Bagi Perusahaan?

Kinerja karyawan sangatlah penting dalam suatu perusahaan. Kinerja atau performa karyawan yang baik akan berbanding lurus dengan hasil baik dalam perkembangan bisnis perusahaan. 

Perusahaan perlu menempatkan karyawan pada posisi yang tepat agar kinerjanya bisa lebih maksimal. Untuk membantu perusahaan menempatkan orang-orang yang tepat, perusahaan juga dapat melakukan penilaian kinerja karyawan.

 

Aspek Penilaian Kinerja Karyawan

  • Hasil Kerja
  • Kedisiplinan
  • Tanggung Jawab dan Kerja Sama

 

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

 

1. Company Benefit atau Employee Benefit

Benefit yang satu ini bisa berupa bonus, gaji, komisi, tunjangan, fasilitas perusahaan, dana pensiun, maupun asuransi.

Employee benefit merupakan kompensasi, keuntungan, fasilitas dan kemudahan yang didapat oleh karyawan karena bekerja di sebuah perusahaan sebagai bagian dari perjanjian kerja diluar gaji atau upah yang dibayarkan secara reguler.

 

2. Budaya Organisasi

Budaya tidak hanya merujuk pada kebudayaan dan adat istiadat suatu daerah. Pada kenyataannya, setiap organisasi juga memiliki budaya yang menjadi ciri khas organisasi mereka masing-masing. Budaya dalam organisasi disebut sebagai budaya organisasi.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah karena budaya organisasi yang kurang sesuai dengan apa yang diharapkan, sehingga menjadikannya kurang produktif dan mengakibatkan kinerjanya menjadi menurun.

 

3. Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana merupakan faktor yang tidak kalah penting dalam menunjang kinerja karyawan.  Ketersediaan sarpras yang memadai, seperti AC, peralatan kerja, lahan parkir, toilet dan ruangan fungsional, sangat berpengaruh.

Jika sarana dan prasarana suatu perusahaan tidak  memadai, maka ada kemungkinan untuk karyawan mencarinya di luar tempat kerja. Agar karyawan melakukan pekerjaannya secara produktif, tentu kamu harus memperhatikan sarana prasarana apa saja yang dibutuhkan.

 

4. Tanggung Jawab dan Jobdesk

Setiap karyawan memiliki kewajiban untuk melaksanakan tanggung jawabnya sesuai dengan peran dan tugas mereka masing-masing. Dengan adanya pembagian yang jelas maka alur pekerjaan dan skala prioritas akan berjalan lebih mudah. 

Perusahaan juga diharapkan bisa memberikan pekerjaan pada karyawan sesuai dengan jobdesknya masing-masing. Jika pendelegasian tugas diberikan secara tidak tepat, maka akan menurunkan kinerja karyawan sehingga hasil pekerjaan yang dilaksanakan menjadi tidak maksimal.

 

5. Gaya Kepemimpinan

Pemimpin atau leader dituntut untuk bisa memberikan cerminan yang baik kepada bawahannya. Arogansi pemimpin harus dihindari untuk membuat karyawan nyaman dan tidak merasa dibawah tekanan.

Tidak jarang ada karyawan yang rela pindah tempat kerja karena tidak cocok dengan pemimpinnya. Pemimpin yang bagus akan membuat karyawan nyaman dan kinerja perusahaan menjadi bagus.

 

6. Pengembangan dan Perluasan karir

Penting bagi suatu perusahaan untuk memberikan pengembangan dan perluasan karir bagi karyawan, karena hal ini akan memberikan kepuasan terhadap karyawan di saat sekarang dan masa depan. Selain itu, pengembangan serta perluasan karir juga berguna untuk meningkatkan performa pekerjaan, meningkatkan loyalitas, serta mendorong motivasi karyawan.

 

7. Visi dan Misi Perusahaan

Tidak asing lagi, ada beberapa karyawan yang memang bergabung dengan perusahaan karena tertarik akan visi dan misi dari perusahaan. Jika ada karyawan yang kinerjanya menurun, mungkin salah satunya sudah tidak sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

 

Bagaimana Langkah Selanjutnya

Setelah membahas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja karyawan, kamu juga harus menentukan langkah selanjutnya, termasuk asuransi sebagai tunjangan karyawan.

Yuk, tunggu apa lagi? Hubungi Aman sekarang.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang