Jika Anda termasuk generasi milenial atau yang bekerja dengan mereka, tren bekerja saat ini sangatlah berbeda dari generasi sebelumnya. Sangatlah penting bagi perusahaan untuk mengenal dan memahami kepribadian, pola kerja, cara pandang dan karakter para pekerja milenial, agar kerjasama tim dapat berjalan dengan lancar.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2019, generasi pekerja milenial pada kelompok usia 20-39 tahun mencapai 24% atau sebanyak 63,4 juta orang dan jumlah ini akan terus mengalami lonjakan seiring dengan kebutuhan pasar kerja. Hal ini menandakan bahwa generasi milenial sudah menguasai dunia kerja dan memiliki peluang yang cukup besar untuk berinovasi di era digital saat ini.  Salah satu bukti nyatanya yaitu terciptanya ekosistem digital yang melahirkan beraneka ragam bidang usaha dan produk digital yang telah tumbuh menjamur di Indonesia.

Generasi milenial merupakan modal besar untuk mewujudkan kemandirian dalam segala aspek usaha. Perusahaan atau pengusaha yang bekerja dengan mereka tidak bisa mengabaikan fakta ini jika ingin meraih kesuksesan. Namun untuk menarik minat generasi milenial bergabung dengan suatu perusahaan bukanlah tugas yang mudah. Sebab, perusahaan perlu menyiapkan paket kompensasi (benefit) yang bermanfaat untuk menarik talenta berkualitas. Berikut beberapa kriteria perusahaan idaman kaum milenial yang wajib untuk diketahui.

Lingkungan kerja yang nyaman

Generasi milenial saat ini lebih menyukai lingkungan kerja dengan suasana yang santai, desain ruangan kerja yang kekinian untuk menyegarkan mata serta peraturan yang tidak kaku. Mengapa demikian? Karena suasana kerja yang kaku dan terlalu formal cenderung tidak memberikan kenyamanan saat harus bekerja seharian di kantor.

Selain suasana ruangan kantor, generasi milenial juga cenderung menyukai rekan kerja yang saling mendukung satu sama lain tetapi tidak mencampuri kepentingan masing-masing. Sebab, rekan kerja yang suportif akan mempengaruhi semangat dan produktifitas seseorang dalam bekerja.

Fasilitas yang lengkap

Fasilitas menjadi salah satu penunjang kinerja terpenting untuk para pekerja milenial. Dengan fasilitas yang lengkap seperti akses internet yang cepat, tempat ibadah, sarana alat olahraga, kantin, dan lain sebagainya, akan membuat para pekerja betah berlama-lama bekerja di kantor.

Jam kerja fleksibel

Saat ini generasi milenial cenderung memilih pekerjaan atau perusahaan dengan waktu yang tidak terikat. Mereka lebih senang memiliki pekerjaan dengan jadwal yang fleksibel yang dapat bisa diatur sendiri, hal ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi secara efektif. Kontribusi pekerjaan tidak hanya dinilai dari waktu kerja, namun lebih kepada menyelesaikan deadline, hasil kerja yang berkualitas serta inovasi yang out of the box. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jam kerja yang lebih fleksibel akan meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Jika perusahaan ingin menarik minat pekerja milenial, fasilitas fleksibelitas jam kerja menjadi salah satu yang dapat dipertimbangkan.

Bekerja di luar kantor

Fasilitas lain yang bisa dipertimbangkan oleh perusahaan untuk menarik minat generasi milenial untuk bergabung adalah izin untuk bekerja dari jarak jauh. Sejak pandemi covid-19 menyelimuti hampir seluruh belahan dunia, tren bekerja di luar kantor (jarak jauh) telah menjadi budaya baru yang harus diadopsi oleh suatu perusahaan. Selain bertujuan untuk mengantisipasi gangguan kesehatan saat bekerja, mereka ternyata merasa lebih produktif saat bekerja di rumah daripada di kantor. Sementara hanya sedikit orang yang menganggap kantor sebagai lokasi ideal untuk menyelesaikan tugas penting. Namun, jika perusahaan masih khawatir membiarkan pekerjanya jauh dari kantor setap hari, opsi bekerja di luar kantor bisa dibuat dengan cara yang berbeda sesuai kebutuhan, tingkat urgensi pekerjaan, dan kebijakan perusahaan.

Program pengembangan diri dan dukungan pendidikan lanjut

Tidak hanya sebatas pada suasana kerja yang nyaman tetapi juga perusahaan perlu memiliki program untuk pengembangan diri serta dukungan pendidikan lanjut bagi para pekerjanya. Generasi milenial juga membutuhkan perusahaan yang memberikan apresiasi kinerja dalam bentuk program dukungan pengembangan diri dan pendidikan lanjut, sehingga para pekerja mempunyai kesempatan luas untuk mengembangkan karir mereka ke jenjang yang lebih tinggi dan tentunya memberikan kontribusi lebih maksimal bagi perusahaan.

Fasilitas teknologi yang memudahkan karyawan

Generasi milenial merupakan generasi yang tumbuh bersama dengan perkembangan teknologi, maka peran teknologi memiliki manfaat yang penting. Tawaran manfaat teknologi ini akan manjadi metode menarik untuk berinteraksi dengan mereka. Generasi milenial memiliki keinginan tinggi dalam mengakses informasi yang bermanfaat ketika bergabung di suatu perusahaan. Salah satu manfaat teknologi yang dapat diberikan oleh perusahaan kepada para pekerjanya yaitu memasukkan teknologi tunjangan, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan tunjangan lainnya dalam satu platform.

Perusahaan yang menyediakan fasilitas kemudahan akses tunjangan melalui platform teknologi, akan memberikan kesan khusus untuk para pekerja dan ini menjadi salah satu daya tarik tersediri bagi mereka yang ingin bergabung. Jika perusahaan Anda mencari teknologi yang bisa memfasilitasi kemudahan akses informasi untuk seluruh karyawan, maka platform Aman adalah jawabannya.

Aman merupakan platform teknologi asuransi yang digunakan untuk menyederhanakan proses pengelolaan asuransi kesehatan agar lebih efisien bagi perusahaan dan para pekerja, mulai dari pendaftaran, pengelolaan benefit serta proses pengajuan klaim. Melalui Aman, seluruh proses asuransi kesehatan para pekerja di perusahaan Anda akan mudah dikelola dan diukur dengan baik secara real time. Selain itu, para pekerja bisa mengakses manfaat asuransi kesehatan kapan dan dimana saja selama 24 jam dalam satu platform aplikasi aman. Perusahaan bisa menikmati kelebihan dan keunggulan yang diberikan oleh Aman yaitu harga terjangkau, keamanan tinggi, dan mudah digunakan. Jadi tunggu apalagi, segera demokan proses asuransi kesehatan di perusahanan Anda bersama Aman.

Get the perfect gift for you and your family.

Get Started