Karyawan yang mempunyai etos kerja tinggi wajib untuk dipertahankan oleh perusahaan. Pasalnya karyawan sendiri merupakan aset penting yang begitu berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Dalam hal ini, menyediakan employee benefit merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawan. Benefit karyawan ini juga akan membantu meningkatkan kinerja mereka. Berikut beberapa macam benefit karyawan yang kerap ditawarkan.

 

1. Pembayaran Iuran BPJS

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan hingga saat ini termasuk salah satu program benefit karyawan yang paling sering ditawarkan oleh perusahaan. Bukan tanpa alasan, mengingat bahwa sekarang program BPJS Kesehatan memang diwajibkan oleh pemerintah.

Selain itu, ketika karyawan jatuh sakit maka perusahaan sendiri yang akan rugi apabila mereka tidak kunjung kembali bekerja. Oleh sebab itu, pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini menjadi salah satu benefit terbaik yang dapat ditawarkan perusahaan.

Sementara BPJS Ketenagakerjaan tentunya dinilai sangat menguntungkan bagi karyawan. Dimana BPJS Ketenagakerjaan tersebut meliputi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan pensiun, serta jaminan kematian dan jaminan hari tua.

 

2. Financial Support

Employee benefit berupa financial support atau bantuan finansial kepada karyawan juga menjadi salah satu program yang kerap dijalankan perusahaan. Sebab tidak bisa disangkal bahwa kebutuhan finansial merupakan faktor vital bagi kehidupan seseorang.

Bahkan individu umumnya mendasarkan pilihan pekerjaan maupun mempertahankan pekerjaannya atas faktor finansial tersebut. Sebagai bentuk benefit, bantuan finansial yang ditawarkan oleh perusahaan bisa berupa pinjaman perusahaan atau mengadakan sistem koperasi.

Lazimnya, bentuk pinjaman yang dijalankan memiliki syarat syarat tertentu. Tujuannya adalah agar program tersebut tetap terkontrol serta tidak menjadi beban untuk perusahaan. Sehingga ada perusahaan yang memberi pinjaman dengan sistem bunga, namun ada juga yang tidak.

 

3. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis perlindungan asuransi yang menanggung biaya medis, bedah, obat-obatan, dan sejenisnya untuk tertanggung atau pemegang polis. Asuransi ini dapat mengganti pengeluaran medis akibat sakit atau terluka, serta membayar biaya perawatan medis secara langsung.

Jika sewaktu-waktu Anda jatuh sakit, maka perusahaan asuransi memiliki peran sebagai penanggung jawab  biaya pengobatan, sesuai dengan kontrak atau kesepakatan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

4. Makan Siang

Makan siang menjadi salah satu program employee benefit berikutnya yang kerap ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan dari pemberian makan siang ini yaitu supaya asupan gizi para karyawan tetap terjaga.

Dengan begitu, para karyawan pun tidak akan mudah jatuh sakit dan mampu bekerja dengan baik. Biasanya, pemberian benefit ini langsung dalam wujud makanan dan minuman yang dilakukan setiap jam makan siang di kantor.

 

5. Komisi dan Bonus

Komisi dan bonus juga termasuk sebagai bagian dari benefit karyawan. Komisi adalah sejumlah uang yang diberikan kepada karyawan, apabila mereka telah mencapai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Sementara bonus adalah pemberian sejumlah uang dari perusahaan yang diberikan jika karyawan mampu mencapai hasil yang melebihi target. Karena bentuknya langsung berupa uang, komisi dan bonus ini tentu sangat berarti bagi setiap pekerja.

 

6. Pesangon

Sejumlah dana yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan setelah masa kerja karyawan tersebut berakhir disebut dengan pesangon. Karyawan yang berhenti bekerja karena pemutusan hubungan kerja dari perusahaan juga umumnya bisa mendapat pesangon.

Dimana uang pesangon tersebut menjadi suatu bentuk penghargaan atas masa bakti selama karyawan bekerja di sana. Di samping itu, uang pesangon juga bisa menjadi pengganti hak karyawan. Itulah mengapa banyak perusahaan yang menawarkan benefit karyawan berupa uang pesangon.

 

7. Seminar dan Pelatihan

Employee benefit lainnya yang juga kerap ditawarkan oleh perusahaan yaitu mengikutsertakan karyawan ke berbagai seminar dan pelatihan. Tujuan dari adanya seminar dan pelatihan tersebut adalah menambah wawasan dan pengetahuan para karyawan.

Biasanya, benefit seperti ini diberikan untuk melakukan pengembangan SDM di perusahaan. Sehingga tidak hanya karyawan saja yang untung, namun kinerja perusahaan juga akan meningkat berkat SDM yang semakin kompeten.

 

Employee Benefit untuk Perusahaan

Itulah berbagai macam benefit karyawan yang kerap ditawarkan oleh perusahaan. Selain itu, sebenarnya ada banyak sekali contoh benefit yang bisa ditawarkan. Misalnya layanan kesehatan di kantor, uang pendidikan, dan lain sebagainya yang dapat disesuaikan dengan kapasitas perusahaan sendiri.

Baca juga perbedaan kompensasi dan gaji pokok dan faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan untuk semakin menambah pemahamanmu. Tak hanya itu, masih banyak artikel informatif lainnya yang bisa kamu temukan di Aman Blog, ya!

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang