Pada saat melamar pekerjaan ada beberapa aspek penting yang wajib diketahui oleh para pelamar, benefit merupakan salah satu contohnya. Bukan hanya sekedar gaji pokok, namun pemberian benefit lain juga akan menjadi daya tarik tersendiri suatu perusahaan.

Ketika wawancara, pelamar sudah seharusnya mengetahui lebih dalam mengenai company benefit atau employee benefit. Hal itu berkaitan dengan kewajiban perusahaan dalam memenuhi kesejahteraan karyawannya.

Biasanya para pelamar akan merasa sungkan untuk menanyakan hal tersebut, padahal hal tersebut penting banget lho untuk kamu ketahui. Sebagian pelamar saat wawancara akan bersikap malu-malu dan pasif sehingga peran pewawancara lebih dominan dan pelamar kebanyakan lebih cenderung seperti orang yang diinterogasi.

Berikut akan kami ulas contoh benefit untuk karyawan apa saja yang harus kamu tanyakan pada saat interview dan jangan lupa diingat, ya!

 

Tunjangan 

Tunjangan terdiri dari tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Tunjangan  tetap merupakan tunjangan yang wajib dibayarkan oleh perusahaan kepada para pekerjanya. Karyawan berhak atas gaji pokok untuk setiap pekerjaan yang telah dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Contoh tunjangan tetap, yaitu:

  1. Tunjangan Kesehatan
  2. Tunjangan Pensiun
  3. Tunjangan Jabatan
  4. Tunjangan Istri dan Anak

Sedangkan, tunjangan tidak tetap merupakan tunjangan yang diberikan secara tidak tetap untuk pekerja dan keluarganya serta dibayarkan menurut satuan waktu yang tidak sama dengan waktu pembayaran upah pokok. Contoh tunjangan tidak tetap, yaitu:

  1. Tunjangan Transportasi
  2. Tunjangan Makan
  3. Tunjangan Hari Raya (THR)

 

Dana Pensiun

Dana pensiun adalah dana yang memang sengaja dihimpun secara khusus dengan tujuan untuk memberikan benefit kepada karyawan saat telah mencapai usia pensiun, meninggal dunia atau cacat.

Dana yang terhimpun ini dikelola dalam suatu lembaga yang disebut trust  sedangkan pengelolanya disebut  trustee  atau dapat  juga dilakukan oleh perusahaan asuransi atau badan lain yang dibentuk secara khusus untuk mengelola dana tersebut.

Dana pensiun merupakan employee benefit yang tidak semua perusahaan mau memberikanya. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu menanyakan hal ini pada saat wawancara.

 

Asuransi Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Menurut Undang-Undang No 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian, asuransi kesehatan adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk:

  • Memberikan penggantian kepada pemegang polis akibat kerugian kesehatan yang tidak terduga
  • Memberikan pembayaran berdasarkan nilai yang telah ditetapkan pada hasil pengelolaan dana

Dalam melakukan suatu pekerjaan, seringkali kita dihadapkan oleh berbagai resiko. Salah satunya adalah kecelakaan kerja. Dengan mengetahui asuransi kesehatan yang perusahaan tanggung, kita tidak perlu khawatir akan kehabisan uang jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Contoh benefit untuk karyawan yang selanjutnya adalah BPJS. Di Indonesia, jaminan mengenai kesehatan untuk karyawan sudah diatur oleh negara melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Jadi mau tidak mau, perusahaan harus mendaftarkan karyawannya ke BPJS baik melalui BPJS kesehatan ataupun ketenagakerjaan untuk menjamin kesejahteraan karyawannya.

Terkait dengan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, yang perlu kamu tanyakan saat wawancara adalah apakah karyawan perusahaan akan langsung didaftarkan ke program tersebut atau tidak. Apabila perusahaan tersebut tidak atau belum mendaftarkan karyawannya, lebih baik kamu berpikir ulang untuk bekerja di perusahaan tersebut.

 

Ingin Memberikan Benefit bagi Karyawan Namun Tidak Ingin Repot? Ini Solusinya!

Untuk kamu yang ingin memberikan benefit pada karyawan namun tidak ingin repot, kamu cukup hubungi Aman sekarang!

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang