Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk keuangan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pada 2018 saja, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat dari 262 juta penduduk Indonesia, sebanyak 208 juta di antaranya atau setara 79,4% sudah terlindungi oleh asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan ada yang diselenggarakan oleh pihak swasta dan pihak pemerintah. Cara untuk membuatnya pun beragam, ada yang offline (datang langsung ke tempat perusahaan asuransi) maupun online (melalui aplikasi).

 

Cara Membuat Asuransi Kesehatan BPJS Pemerintah

Bagi kamu para pemula yang belum memiliki asuransi kesehatan, tak perlu khawatir akan sulitnya proses pendaftaran ke penyedia asuransi kesehatan tersebut. Apalagi sekarang ini proses pendaftaran bisa dilakukan secara online. Berikut ini tahapan pendaftarannya. 

  1. Download aplikasi Mobile JKN di Play Store atau App Store. 
  2. Pilih menu ‘Daftar’, kemudian klik ‘Pendaftaran Peserta Baru’ dan setujui syarat dan ketentuan yang tertera di laman tersebut. 
  3. Cantumkan NIK pada kolom yang disediakan. Informasi mengenai anggota keluarga akan otomatis muncul setelah NIK dicantumkan. 
  4. Cantumkan semua data keluarga, lalu pilih fasilitas kesehatan (faskes) yang kamu inginkan. 
  5. Cantumkan email aktif pada kolom yang tersedia, untuk kemudian dikirimkan kode verifikasi ke email tersebut. 
  6. Cantumkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia, untuk memperoleh nomor virtual account yang digunakan untuk pembayaran iuran, misalnya via ATM atau kantor pos. 
  7. Setelah pembayaran dilakukan, maka otomatis sudah terdaftar di BPJS Kesehatan. 
  8. Pengambilan kartu fisik bisa dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan, dengan menyertakan kartu data diri dan bukti nomor virtual account.

Cara Membuat Asuransi Kesehatan Swasta untuk Individu

Selain BPJS Kesehatan, kamu juga bisa memilih alternatif asuransi kesehatan lainnya yang sumber dananya berasal dari perusahaan swasta. Sama dengan pendaftaran BPJS Kesehatan, kamu bisa memilih untuk mendaftarkan diri secara online maupun offline.

 

Pendaftaran Online

Mendaftar secara online memiliki keuntungan yaitu lebih praktis dan bisa dilakukan di mana pun. Namun, untuk pemula tentu akan ada kebingungan dalam prosesnya. 

Hal itu karena kamu harus mandiri dalam memilih dan memahami produk termasuk cara pendaftarannya. Ketentuan dan syarat pendaftaran tidak sama pada setiap perusahaan. Namun, secara umum berikut langkah-langkah pendaftarannya:

  1. Menyiapkan berkas yang dibutuhkan seperti KTP, kartu keluarga, akta kelahiran pihak tertanggung, NPWP, dan lainnya sesuai ketentuan yang diberikan tiap perusahaan asuransi.
  2. Masuk ke alamat situs perusahaan asuransi yang telah Anda pilih dan mengisi formulir yang telah disediakan secara online.
  3. Pilihlah biaya premi per bulannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.
  4. Simpan data dan tunggu balasan notifikasi nomor registrasi di email.
  5. Cetak lembar virtual account yang telah dikirimkan lewat e-mail.
  6. Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan dengan menyerahkan nomor virtual account pada teller.
  7. Setelah melakukan pendaftaran biasanya Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui telepon dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

 

Pendaftaran Offline

Menggunakan cara mendaftar asuransi kesehatan secara offline cukup diuntungkan karena kamu bisa sekalian berkonsultasi secara langsung dengan pihak penyedia asuransi. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui lebih detail segala hal tentang perusahaan asuransi tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa dibantu jika mengalami kendala dalam proses pengisiannya. Berikut ini cara pendaftarannya:

  1. Untuk mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi kesehatan, kamu perlu mengadakan janji temu terlebih dahulu dengan agen asuransi yang telah kamu kenal atau langsung mendatangi kantor asuransi yang dituju.
  2. Siapkan dokumen umum seperti KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran peserta yang akan ditanggung.
  3. Biasanya perusahaan akan melakukan wawancara singkat dengan calon nasabah mengenai data diri dan data lainnya yang dibutuhkan.
  4. Agen akan membuatkan ilustrasi dan menjelaskan dengan detail mengenai manfaat serta hak dan kewajiban kamu sesuai dengan premi yang disepakati.
  5. Jika sudah paham, kami akan diminta untuk mengisi dan menandatangani dokumen untuk kemudian diajukan datanya ke kantor pusat.

 

Dapat Asuransi Kesehatan untuk Perusahaanmu!

Platform digital Aman membantu perusahaan untuk lebih mudah mencari dan mengelola asuransi karyawan.  

Bagi kamu yang ingin mencari asuransi karyawan untuk perusahaanmu, caranya sangatlah mudah! Tidak pakai repot, hubungi Aman sekarang!

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang