Tidak dapat dipungkiri bahwa karyawan merupakan salah satu aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Dimana kesuksesan pada suatu perusahaan sendiri sangat tergantung pada karyawan yang mampu bekerja secara kompeten dan loyal. Untuk mencapai kesuksesan tersebut, berikut beberapa tips untuk membuat karyawan loyal pada perusahaan.

Kiat Meningkatkan Loyalitas Karyawan

1. Memberikan Tunjangan Karyawan yang Baik

Tunjangan merupakan salah satu komponen dari gaji yang di luar dari upah. Dimana tunjangan ini diberikan sebagai salah satu upaya agar karyawan tetap bersedia bekerja untuk perusahaan. Dengan adanya tunjangan ini, maka karyawan akan merasa diberikan berbagai keuntungan lain di luar gaji, yang membuat mereka tidak akan berpikir bahwa upah mereka tidak sesuai.

Dengan begitu seorang pekerja bisa betah tetap berada di dalam perusahaan, dan akan berpikir ulang bila ingin mengundurkan diri dari perusahaan. Sebagai bonusnya, dengan memberikan tunjangan karyawan yang baik, produktivitas kerja para karyawan pun dapat meningkat secara signifikan. Yang berarti kesuksesan perusahaan pun akan bisa dengan mudah tercapai.

2. Membuat Suasana Kerja Nyaman

Membuat karyawan loyal kepada perusahaan juga bisa dengan membuat suasana kerja yang nyaman. Karena beberapa survey yang menanyakan apa yang membuat seorang pekerja betah untuk tinggal di perusahaan, jawaban yang seringkali disebut oleh hampir semua responden adalah suasana kerja yang nyaman. Dan hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri.

Dimana suasana kerja yang nyaman ini tidak hanya dibuat oleh gedung kantor yang full ber Ac, fasilitas komputer yang sangat canggih, atau internet yang begitu memadai. Melainkan lebih ke arah hubungan antar rekan kerja di dalam perusahaan. Usahakan untuk membuat suasana kantor yang lebih akrab dan kekeluargaan, namun tetap memiliki etos kerja yang baik.

3. Lakukan Manajemen SDM yang Baik

Manajemen SDM yang baik juga menjadi salah satu faktor pendukung mengapa banyak karyawan yang betah untuk terus bekerja di suatu perusahaan. Dan bila sebuah perusahaan tidak melakukan manajemen SDM, maka perusahaan tersebut juga bisa tertinggal dari pesaing lainnya. Terlebih pada era revolusi industri 4.0 yang telah berlangsung di zaman sekarang ini.

Perusahaan yang melakukan manajemen SDM biasanya akan memberikan training, pelatihan khusus, serta berbagai motivasi kepada para karyawannya. Tujuan dari manajemen SDM ini ialah untuk meningkatkan mutu karyawan perusahaan, dan secara tidak langsung karyawan loyal pun akan terbentuk di dalam perusahaan itu sendiri.

4. Memberikan Hak Hak Karyawan

Sebuah perusahaan yang baik harus memperhatikan hak hak para pekerjanya selama berada di bawah naungan perusahaan. Hak hak karyawan ini bisa menjadi salah satu motif yang membuat karyawan menjadi loyal terhadap perusahaan dimana tempat mereka bekerja. Karena tidak sedikit pekerja yang memilih hengkang bila perusahaan kurang memperhatikan hak mereka.

Jadi, apabila anda ingin memiliki karyawan yang loyal maka jangan lupa untuk memperhatikan hak hak para pekerja. Hak tersebut mencangkup gaji yang sesuai dengan UMK, hak cuti, serta berbagai hak yang pernah dijanjikan oleh perusahaan ketika karyawan direkrut. Misalnya hak untuk mendapatkan training, mendapatkan motivasi, dan lain sebagainya.

5. Memberikan Jenjang Karir yang Jelas

Banyak karyawan yang memilih berhenti dan mengundurkan diri dari suatu perusahaan, dikarenakan posisi mereka yang tidak kunjung naik atau bahkan tidak dapat naik ke level berikutnya. Ada juga beberapa perusahaan yang tidak memiliki jenjang karir yang jelas, pada akhirnya ditinggalkan oleh para pekerjanya yang berkompeten.

Oleh karena itu, jika perusahaan ingin karyawan loyal dan berharap perusahaan bisa berkembang maju. Maka pihak manajemen wajib untuk memberikan jenjang karir yang jelas kepada karyawan. Hal ini akan memberikan motivasi tersendiri bagi para karyawan, untuk meningkatkan potensi serta mencapai sebuah level yang lebih tinggi lagi.

6. Memberikan Reward serta Bonus

Apabila seorang pekerja telah melakukan tugas dengan baik, bahkan membawa sebuah prestasi bagi perusahaan maka berikan reward atau bonus untuk mengapresiasinya. Pemberian reward tersebut bisa membuat karyawan menjadi lebih dihargai dan senang bekerja di dalam perusahaan anda. Secara tidak langsung hal ini bisa meningkatkan loyalitas pada diri karyawan.

Reward atau bonus yang diberikan kepada karyawan tersebut bisa berupa bonus uang, liburan khusus, maupun sebuah benda yang dapat mengingatkannya terhadap keberhasilan yang dilakukan di tempat kerja. Dengan begitu setiap karyawan akan termotivasi untuk memperbaiki diri dan menaikkan produktivitas kerja mereka di dalam perusahaan.

7. Memberikan Keseimbangan Antara Dunia Kerja dan Keluarga

Terlalu sibuk dalam bekerja dan mengejar karir bisa membuat seseorang tidak memiliki banyak waktu untuk keluarga. Jadi pihak perusahaan sendiri harus tetap mendorong semua pekerjanya untuk tetap memiliki waktu berkualitas dengan keluarga mereka. karena pada dasarnya, secara umum alasan utama seseorang bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Maka dari itu, pihak perusahaan bisa memberikan pengertian kepada para karyawan agar kehidupan mereka tetap seimbang di kantor dan di rumah. Biasanya jika di rumah tidak terdapat masalah, maka produktivitas kerja karyawan di kantor pun juga tidak akan terjadi masalah. Kedua hal ini sangat berhubungan, dan bisa membuat karyawan loyal semakin banyak di perusahaan.

Beberapa tips tersebut selain bisa membuat karyawan menjadi loyal, juga secara tidak langsung dapat meningkatkan produktivitas kerja yang dimiliki oleh para karyawan. Dengan loyalitas yang tinggi serta produktivitas yang tinggi pula, maka tingkat turnover karyawan pun akan menurun dan tujuan perusahaan juga bisa tercapai dengan baik sesuai rencana.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang