Turnover karyawan tinggi di sebuah perusahaan harus dihindari. Hal tersebut dikarenakan tingkat pergantian karyawan yang terlalu sering ini bisa menyebabkan operasional perusahaan menjadi terganggu. Perusahaan akan kesulitan mencapai tujuannya selama ini karena operasional yang kurang maksimal tersebut. Selain itu tingkat turnover karyawan tinggi ini akan menyusahkan tim HR, karena saat ada karyawan yang mengundurkan diri itu artinya perusahaan harus melakukan perekrutan ulang yang mana membuang biaya dan waktu tidak sedikit.

Tingkat turnover karyawan yang tinggi tersebut membuat citra perusahaan Anda menjadi buruk. Terutama bagi kompetitor Anda, dimana turnover tinggi ini bisa mereka manfaatkan untuk memperbaiki manajemen mereka terutama manajemen karyawan.

Penyebab Turnover Tinggi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tingkat turnover karyawan tinggi seperti berikut ini:

  1. Mendapat gaji yang lebih tinggi.

Beberapa penyebab tingkat turnover yang tinggi adalah mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan lainnya yang menawarkan gaji lebih tinggi. Bisa jadi perusahaan tersebut adalah kompetitor Anda. Oleh sebab itulah penting bagi perusahaan untuk menawarkan gaji yang layak sesuai dengan kinerja karyawan.

  1. Budaya dan lingkungan kerja yang tidak sehat

Penyebab selanjutnya adalah budaya dan lingkungan kerja yang tidak sehat. Budaya kerja ini berhubungan dengan kebahagiaan karyawan. Jika karyawan menyukai budaya kerja perusahaan mereka akan bisa lebih produktif dan hal tersebut bagus untuk performa perusahaan Anda. Sebaliknya adalah jika karyawan tidak menyukai budaya kerja perusahaan Anda karyawan akan lebih mudah untuk mengundurkan diri.

Penting sekali bagi perusahaan Anda untuk bisa menciptakan budaya kerja yang baik dan sehat. Selain itu pastikan lingkungan kerja di perusahaan tersebut menciptakan tingkat persaingan yang sehat.  Lakukan perubahan jika Anda merasa budaya perusahaan Anda terlalu buruk untuk karyawan Anda.

  1. Tidak menyukai perilaku atasan

Turnover karyawan tinggi di sebuah perusahaan ini sering disebabkan oleh karyawan yang tidak menyukai perilaku atasan. Perilaku atasan yang kurang menyenangkan bisa menyebabkan banyak karyawan ingin pindah kerja ke tempat baru. Sikap dan perilaku atasan yang baik ini sangat penting bagi karyawan karena berpengaruh terhadap kepuasan karyawan.

Atasan yang baik mampu mengayomi seluruh karyawannya, memberikan teguran dan pujian terhadap performa karyawan. Karyawan juga memerlukan proses pembelajaran dan juga evaluasi. Teguran harus dilontarkan secara halus terlebih dahulu, terutama jika baru pertama kali membuat kesalahan.  Ketika teguran yang dilontarkan terlalu keras akan membuat karyawan down dan membuatnya berkecil hati. Atasan yang baik mampu mengakui kesalahan, melihat semuanya dari sudut pandang yang berbeda, kemudian mampu menghargai setiap kontribusi yang diberikan oleh karyawan.

  1. Beban pekerjaan dan tekanan terlalu tinggi

Tekanan pekerjaan yang terlalu berat dan diberikan kepadanya bisa membuat tertekan, stress, bahkan mempengaruhi produktivitasnya. Untuk mengatasi hal ini ada baiknya jika perusahaan melakukan survei secara berkala dan ajak karyawan untuk memberikan pendapat terhadap pekerjaan yang didapatkan oleh karyawan tersebut.

  1. Kurangnya jaminan dan perlindungan dari perusahaan

Kesejahteraan karyawan yang kurang terjamin akan membuat mereka memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk bisa memberikan kesejahteraan terhadap karyawan tersebut. Bonus, tunjangan kerja dan perlindungan diri ini menjadi hal yang dinantikan karyawan sehingga perusahaan perlu memberikan perhatian yang lebih terhadap hal-hal ini.

Mengatasi Turnover Tinggi

Ada beberapa solusi yang bisa perusahaan lakukan untuk menekan tingkat turnover karyawan tinggi tersebut. Perusahaan harus mencari penyebabnya terlebih dahulu karena penyebab antara satu perusahaan dengan lainnya ini berbeda. Perusahaan perlu melakukan perbaikan-perbaikan jika dirasa selama ini keluar masuk karyawan ini sangat tinggi.

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat suasana bekerja yang nyaman sehingga karyawan merasa betah untuk bekerja di perusahaan Anda. Atasan juga mampu memahami karyawannya dengan baik. Tidak hanya itu saja perusahaan bisa memberikan employee benefit yang menarik. Employee benefit ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan karyawan dari perusahaan. Tidak hanya berbentuk tunjangan dan bonus saja namun juga berbentuk asuransi.

Untuk pekerjaan yang berisiko tinggi tentunya karyawan menjadi was-was saat bekerja. Apalagi jika belum dibekali dengan perlindungan diri yang cukup, kekhawatiran tersebut akan muncul kapan saja. Terutama jika karyawan merupakan tulang punggung di keluarganya tentu kekhawatiran tersebut semakin besar. Perlindungan diri yang diperlukan oleh karyawan adalah asuransi kesehatan dimana jika ada hal-hal yang tidak diinginkan semuanya sudah tertanggung oleh asuransi.

Kelola Employee Benefit Lebih Mudah dengan Amanco

Jika perusahaan selama ini kesulitan dalam mengatur employee benefit, kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada Amanco. Amanco ini merupakan platform insurtech atau insurance technology yang mana bisa menjembatani perusahaan Anda dalam memilih asuransi kesehatan untuk karyawan yang tepat.

Beragam jenis layanan asuransi digital juga ditawarkan di platform ini. Yang menarik adalah perusahaan Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan untuk karyawan berkualitas tinggi dan dengan harga terjangkau.  Dibandingkan dengan platform lainnya, pembelian asuransi di Amanco lebih hemat 30% sehingga sangat menarik dan menguntungkan.

Biaya administrasi yang ditanggung oleh perusahaan terjangkau, Anda juga bisa mudah memahami sistem administrasi yang diterapkan di platform ini. Salah satu keunggulan Amanco ialah berbasis aplikasi modern, membuat platform bisa digunakan oleh seluruh karyawan Anda dan tentunya memiliki fleksibilitas tinggi dimana bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Karyawan Anda bisa mengakses detail tunjangan yang akan mereka dapatkan setiap tahun dimana hal ini mampu meningkatkan loyalitas karyawan perusahaan Anda. Proses klaim bisa dilakukan secara digital, terbukti lebih cepat, tepat dan mudah. Hal ini bisa meningkatkan tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan.

Platform Amanco menawarkan tiga manfaat yang berbeda untuk perusahaan, karyawan, dan juga untuk pialang perusahaan. Pastikan perusahaan Anda menggunakan platform Amanco untuk menekan tingkat turnover karyawan tinggi, silahkan mengisi form pendaftaran Amanco untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang