Salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan para pekerjanya yaitu dengan mensejahterakan karyawan. Cara untuk mensejahterakan karyawan ini tidak terlepas dari adanya paket kompensasi yang diberikan oleh perusahaan. Lalu apa sebenarnya kompensasi karyawan itu dan mengapa hal ini penting ? Simak ulasannya berikut.

Paket Kompensasi

Kompensasi adalah imbalan yang diterima oleh karyawan, baik berupa finansial maupun non finansial, yang diberikan atas dasar hasil kerjanya di suatu perusahaan. Kompensasi berbentuk finansial di antaranya yaitu gaji, bonus, komisi, dan lain sebagainya yang bersifat langsung. Sedangkan non finansial seperti asuransi maupun dana pensiun.

Secara garis besar kompensasi terbagi atas 3 jenis yaitu kompensasi finansial secara langsung yang berupa gaji atau upah, kompensasi finansial tidak langsung yang berupa program proteksi seperti asuransi dan bayaran di luar jam kerja, serta kompensasi non finansial yang berupa lingkungan kerja yang nyaman, kebijakan yang sehat, dan lain sebagainya.

Adanya paket kompensasi yang lengkap dari suatu perusahaan tidak bisa dipungkiri, kerap menjadi daya tarik. Bahkan hal ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa seorang karyawan bertahan pada perusahaan. Cara ini juga sangat bagus untuk meningkatkan loyalitas karyawan, menekan tingkat turnover, menaikkan retensi, dan meningkatkan daya tarik perusahaan.

Tujuan dan Fungsi Kompensasi

Tujuan pemberian kompensasi karyawan di antaranya yaitu untuk menghargai prestasi atau hasil kerja karyawan itu sendiri, menjamin keadilan gaji karyawan, mempertahankan karyawan, pengendalian biaya, mengurangi turnover, memperoleh karyawan yang bermutu, serta memenuhi berbagai peraturan yang ada.

Fungsi dari kompensasi sendiri cukup beragam mulai dari penggunaan sumber daya manusia yang lebih efisien dan efektif, karena semakin banyak karyawan yang diberikan kompensasi tinggi berarti semakin banyak pula karyawan yang memiliki prestasi tinggi. Ini tentu akan mengurangi biaya untuk pekerjaan yang tidak perlu.

Kemudian kompensasi juga dapat mendorong stabilitas perusahaan serta pertumbuhan ekonomi. Karena adanya penerapan sistem kompensasi yang tepat dapat membantu stabilitas perusahaan, dan secara tidak langsung mampu mendorong stabilitas serta pertumbuhan ekonomi yang ada. Selain itu adanya kompensasi ini juga merupakan bagian dari manajemen SDM.

Untuk memenuhi tujuan serta fungsi dari adanya kompensasi karyawan tersebut, pemberian kompensasi ini perlu diikuti dengan tahapan tahapan manajemen kompensasi yang baik seperti mengevaluasi setiap pekerjaan dengan analisis jabatan, serta menilai harga dari masing masing pekerjaan untuk pembayaran gaji atas dasar keadilan internal dan eksternal.

Dampak Positif Adanya Kompensasi

Dengan memberikan paket kompensasi pada karyawan maka akan memberikan berbagai dampak positif bagi perusahaan. Di antaranya yaitu perusahaan bisa mendapat karyawan yang berkualitas baik, memicu para pekerja untuk lebih berprestasi dan bekerja lebih giat lagi, dan memudahkan proses administrasi serta aspek hukum yang ada di dalam perusahaan.

Pasalnya beberapa kompensasi merupakan hal yang wajib diterapkan oleh perusahaan, karena diatur di dalam Undang Undang seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan misalnya. Selain itu dampak lainnya dari kompensasi karyawan yaitu bisa menjadi daya pikat bagi para pencari kerja yang sangat potensial.

Contoh Paket Kompensasi untuk Karyawan

Paket kompensasi yang diberikan kepada karyawan sebaiknya ditinjau dari kebutuhan karyawan itu sendiri, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih optimal. Beberapa jenis paket kompensasi yang unik dan menarik pada perusahaan startup internasional umumnya yaitu waktu kerja yang fleksibel, makanan dan minuman gratis, hingga kebebasan berpakaian kasual.

Bahkan beberapa perusahaan juga menambahkan tunjangan lain seperti tunjangan kesehatan yang dikemas dalam bentuk olahraga yang meliputi gym membership, pilates, muay thai, yoga, berenang, hingga meditasi. Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan yang menawarkan paket kompensasi berupa BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, maupun asuransi eksternal.

Selain itu dalam kompensasi karyawan ini juga bisa dengan pemberian insentif lainnya yang di luar gaji pokok, seperti fasilitas tambahan. Misalnya kendaraan operasional, tempat parkir khusus, rumah dinas, hometrip, dan lain sebagainya. Namun kebutuhan umum yang banyak dibutuhkan oleh karyawan adalah asuransi, pinjaman, dan kebutuhan gaya hidup.

Cara Mengelola Paket Kompensasi

Pemberian paket kompensasi untuk karyawan memang merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Dimana langkah ini diperlukan sebagai salah satu upaya menekan tingkat turnover di dalam perusahaan. Tidak hanya itu saja, pemberian paket kompensasi ini juga mampu mendorong produktivitas agar semakin meningkat.

Dimana semua hal tersebut dapat berpengaruh secara langsung pada tingkat kesuksesan perusahaan. Namun sebelum memberikan paket kompensasi, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh perusahaan guna memastikan program employee benefit tersebut dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh perusahaan yaitu kemampuan finansial dari perusahaan itu sendiri. Dimana program kompensasi yang baik serta rasional harusnya membantu perusahaan untuk mempertahankan karyawan dengan biaya yang wajar, dan bukan sebaliknya yang bisa membuat perusahaan malah merugi.

Prinsip dalam kompensasi karyawan ini yaitu manajemen yang baik dan dapat menciptakan efisiensi. Sehingga keuangan perusahaan masih memadai, dan tetap bisa digunakan untuk mendapatkan serta mempertahankan karyawan potensial. Setelah itu langkah berikutnya dalam menerapkan kompensasi adalah menyusun tahapan dalam menetapkan kompensasi itu sendiri.

Dalam menetapkan kompensasi ini yang perlu dilakukan yaitu mengidentifikasi jabatan dengan analisis jabatan, melakukan internal equity melalui penilaian jabatan, membuat gaji external equity dengan melakukan survei, dan menetapkan kompensasi aktual yang didapatkan dari pertemuan antara internal equity dan external equity.

Dengan pemberian paket kompensasi yang tepat, maka karyawan pun bisa dipertahankan bahkan bisa ditingkatkan kualitasnya. Paket kompensasi memang merupakan salah satu hal yang penting bagi karyawan, dimana semakin lengkap paket yang diberi maka akan semakin sejahtera pula karyawan di suatu perusahaan.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang