Pengadaan employee benefit di suatu perusahaan sangat perlu untuk dipertimbangkan, pasalnya hal tersebut memiliki banyak manfaat untuk perusahaan salah satunya yaitu mempertahankan karyawan. Benefit untuk para pekerja sendiri merupakan kompensasi non finansial yang merupakan bagian dari kontrak kerja. Berikut beberapa tips dalam mengelola tunjangan karyawan.

Kiat dalam Mengelola Tunjangan Karyawan

Melakukan Analisis Jabatan

Pada suatu perusahaan tentu terdapat berbagai jabatan yang berbeda, dimana setiap jabatan tersebut memiliki peran dan fungsinya masing masing yang juga berbeda antara satu dengan lainnya. Analisis jabatan ini perlu dilakukan untuk menentukan sejauh mana tunjangan yang dapat diberikan oleh perusahaan kepada seorang pekerja.

Perusahaan tidak mungkin memberikan kompensasi yang sama terhadap seorang manajer dan karyawan biasa, sebab dari segi jobdesk nya pun sangat jauh berbeda. Selain itu lama seseorang bekerja di suatu perusahaan tersebut juga penting untuk diketahui. Tidak mungkin seorang karyawan yang telah bekerja selama 6 tahun berturut, akan sama dengan karyawan baru.

Meski keduanya berada di posisi atau jabatan yang sama, tentu employee benefit yang diterima akan berbeda. Dengan begitu pengeluaran perusahaan untuk membayar tunjangan karyawan juga tidak melebihi batas, dalam artian sesuai dengan apa yang berhak diterima oleh karyawan tersebut bila ditinjau dari pekerjaan yang dilakukan dan lama ia bekerja.

Melakukan Internal Equity Melalui Penilaian Jabatan

Internal equity merupakan sebuah upaya dalam menyetarakan kompensasi antara posisi atau pekerjaan di dalam suatu organisasi. Upaya ini dilakukan dengan cara menyediakan perbedaan kompensasi itu sendiri, atas dasar yang objektif dan ilmiah. Keadilan ini mengukur bagaimana imbalan atau benefit yang diterima oleh karyawan berhubungan dengan kinerja.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kompensasi yang diterima oleh para karyawan akan berbeda antara jabatan yang satu dengan jabatan lainnya. Setelah penilaian jabatan dilakukan dan dikategorisasi, maka internal equity bisa dilakukan. Yaitu dengan menetapkan tunjangan karyawan sejauh mana yang berhak diterima oleh suatu karyawan di perusahaan.

Misalnya seorang officer accounting berhak mendapatkan employee benefit berupa member eksklusif gym gratis, dan makan siang. Maka karyawan accounting biasa bisa diberi potongan diskon untuk member gym dan makan siang. Jadi keduanya tidak mendapat tunjangan yang sama, karena beban kerja antara officer accounting dan staff accounting biasa tentu berbeda.

Menciptakan Tunjangan External Equity

Apabila internal equity ditinjau dari jabatan pada organisasi itu sendiri, maka external equity adalah kesetaraan kompensasi yang diberikan kepada para karyawan yang mengerjakan pekerjaan sama dengan organisasi atau perusahaan lainnya. Untuk menetapkan external equity ini, perlu dilakukan survei pada pasar atau perusahaan lainnya yang sejenis.

Misalnya anda menggerakkan perusahaan di bidang industri sawit, untuk beberapa jabatan tertentu perusahaan perusahaan lain di bidang yang serupa memberikan tunjangan berupa hometrip. Maka di perusahaan anda, anda juga perlu menerapkan tunjangan yang serupa, atau minimal memiliki taraf yang sama untuk posisi jabatan tersebut.

Dengan begitu maka karyawan tidak akan merasa iri atau melirik perusahaan lain, dan puas dengan tunjangan yang diberi oleh perusahaan anda. External equity memang perlu dibentuk agar perusahaan anda bernilai sama dengan perusahaan kompetitor, dan sejenisnya. Ini juga bisa membuat turnover karyawan menjadi berkurang secara signifikan.

Menetapkan Kompensasi Aktual

Apabila internal equity dan external equity telah ditetapkan, maka daftar kompensasi yang lengkap untuk para karyawan bisa ditetapkan. Kompensasi aktual ini diambil dari kesimpulan dalam mempertemukan internal equity dan external equity melalui job pricing. Job pricing sendiri merupakan penetapan harga dari jabatan.

Dimana nilai relatif dari setiap jabatan pada suatu organisasi juga telah ditetapkan. Biaya jabatan ini telah diatur di dalam UU Pasal 21 ayat 3 tentang Pajak Penghasilan. Besaran biaya jabatan ini adalah sebesar 5 persen dari penghasilan bruto dalam setahun (menurut Direktorat Jendral Pajak Kementrian Keuangan).

Kompensasi aktual ini tidak hanya berlaku untuk gaji, namun juga tunjangan karyawan di luar gaji yang harus ditetapkan berdasarkan internal equity dan external equity. Dimana penetapan tersebut tentunya juga harus disesuaikan dengan anggaran dana milik perusahaan, agar keuangan perusahaan bisa terus berjalan dengan baik.

Pengelolaan Employee Benefit Lebih Mudah dengan Aman

Setelah menetapkan kompensasi aktual yang bisa diterima oleh seorang karyawan, maka perusahaan bisa menggunakan penyedia jasa employee benefit agar semua proses pengelolaan tunjangan karyawan bisa dilakukan lebih efektif. Penyedia employee benefit yang baik memungkinkan perusahaan untuk memberikan benefit dengan cara yang lebih fleksibel secara digital.

Dengan begitu pekerjaan bagian pengelolaan SDM di perusahaan anda akan lebih terbantu, tanpa harus melakukan cara manual. Hal ini juga akan mengurangi risiko dari human error yang mungkin saja bisa terjadi. Sebab pengelolaan tunjangan karyawan dilakukan dengan sistem otomatis, yang kecil kemungkinannya dalam membuat kesalahan pelaporan dalam data tunjangan karyawan.

Selain itu proses pengajuan serta klaim dari karyawan juga akan lebih cepat dan mudah dengan adanya software tersebut. Hanya dengan beberapa klik secara digital dari smartphone, proses pemberian employee benefit bisa dilakukan.

Sebagai salah satu penyedia employee benefit karyawan, Aman menawarkan berbagai solusi baik dalam pengelolaan employee benefit. Aman memiliki fitur lengkap guna membantu perusahaan dengan sistem pengelolaan yang lebih efisien.

Aman juga memiliki kelebihan, yakni proses pembelian yang mudah dan mengurangi biaya administrasi sebesar 30%. Selain itu didukung dengan teknologi canggih yang dapat melakukan klaim secara realtime.

Untuk menggunakan platform Aman, perusahaan harus terdaftar di Amanco terlebih dulu. Perusahan dapat melakukan pendaftaran secara gratis di laman Amanco

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang