Umumnya perusahaan hanya memberikan dua buah asuransi yaitu BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan. Namun diluar asuransi dari pemerintah tersebut, banyak juga perusahaan swasta yang memberikan asuransi dari perusahaan asuransi swasta. Sebagai informasi, asuransi perusahaan bagi karyawan merupakan salah satu cara meningkatkan produktivitas.

Tips Memilih Provider Asuransi untuk Karyawan

1. Jangan Tergoda Premi Murah

Terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih asuransi untuk karyawan perusahaan. Pertimbangan ini tidak hanya berpusat pada premi yang murah, namun juga mencakup berbagai manfaat serta jenis pertanggungan yang ditawarkan oleh provider asuransi tersebut kepada pemegang polis.

Seperti misalnya asuransi kesehatan yang menawarkan premi murah, tapi ternyata tidak mengcover manfaat untuk beberapa jenis penyakit berat tertentu. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang tidak bagus, apabila karyawan mengalami penyakit yang tidak dicover oleh produk asuransi yang telah dipilih tersebut.

Sebaiknya anda memilih asuransi kesehatan bagi karyawan yang mengcover hampir semua jenis penyakit sekaligus. Terkait dengan harga, lihat berapa besar harga premi tiap tahunnya dan jangan sampai tergiur hanya karena asuransi bulanan yang seolah terlihat kecil. Jika anda telaten dalam memilih, terdapat cukup banyak asuransi perusahaan yang bagus dengan premi terjangkau.

2. Gunakan Broker Asuransi yang Tepat

Menggunakan broker dalam memilih asuransi perusahaan adalah sesuatu yang sah dan tergolong legal secara hukum. Dengan broker, anda bisa dibantu untuk memilih provider asuransi yang tepat. Mulai dari pembelian yang mudah, administrasi tunjangan yang transparan, dapat menyesuaikan premi dengan kondisi finansial perusahaan, hingga teknologi canggih yang membantu berbagai urusan legal terkait dengan provider asuransi tersebut.

Dengan adanya asuransi dari perusahaan, maka bisa meningkatkan produktivitas kerja para karyawan. Karena mereka akan merasa memiliki jaminan finansial apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Meski begitu, para karyawan tetap harus mulai menabung atau berinvestasi agar selalu siap bila menghadapi berbagai masalah finansial yang bisa saja terjadi.

3. Menanggung Karyawan dan Keluarga Sekaligus

Karyawan anda di perusahaan bisa jadi merupakan seorang ayah atau ibu dari anak anak mereka di rumah. Sebagai bentuk kepedulian terhadap para pekerja, perusahaan bisa memilih jenis asuransi yang juga mengcover atau menanggung anak dan istri juga. Namun perlu diketahui bahwa jaminan asuransi ini tidak termasuk orangtua, mertua, sepupu, dan lain sebagainya.

4. Pilihan Personalisasi Manfaat Sesuai dengan Profil Nasabah

Dalam memilih produk asuransi, ada baiknya bila anda menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Tidak perlu memiliki asuransi dengan manfaat segudang apabila kemungkinan besar tidak akan digunakan. Anda bisa mengatur pilihan asuransi yang memiliki manfaat sesuai dengan kebutuhan dari para karyawan, baik di masa sekarang maupun masa depan.

Risiko kesehatan di kemudian hari memang tidak ada yang tahu. Namun sesungguhnya hal ini bisa diperkirakan dengan melihat bagaimana gaya hidup saat ini, riwayat kesehatan, dan lain sebagainya. Pada asuransi kesehatan, dengan memanfaatkan tambahan maka anda bisa membantu nasabah dalam memilih tambahan manfaat yang sekiranya dibutuhkan.

5. Cari yang Memberikan Pertanggungan Rawat Jalan

Fasilitas rawat jalan seringkali diabaikan dalam memilih asuransi perusahaan di bidang kesehatan, padahal fasilitas ini sebenarnya dibutuhkan. Dimana asuransi ini akan memberikan proteksi finansial dari adanya risiko kesehatan yang terjadi, setelah tertanggung menjalani rawat inap di rumah sakit.

Rawat jalan juga sebenarnya tidak hanya meliputi pengobatan lanjutan pasca rawat inap saja. Melainkan juga mengcover perawatan gigi, kacamata, serta kunjungan perawatan baik ke dokter umum maupun spesialis. Usahakan agar asuransi yang anda pilih memiliki manfaat luas tersebut.

6. Pilih yang Memiliki Jaringan Rumah Sakit Luas

Sebelumnya memutuskan provider asuransi, lakukan penelusuran lebih lanjut terkait dengan rumah sakit mana saja yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua produk asuransi bisa digunakan di setiap rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang lainnya.

Beberapa produk asuransi mengcover biaya rumah sakit baik itu rumah sakit di dalam negeri maupun di luar negeri. Jadi apabila sejumlah karyawan anda memiliki mobilitas yang cukup tinggi, maka tidak ada salahnya bila anda memilih asuransi perusahaan yang memiliki jangkauan rumah sakit luas. Agar dapat memberikan proteksi pada karyawan di manapun mereka berada.

7. Terdapat Manfaat Asuransi Kesehatan dan Jiwa Sekaligus

Asuransi kesehatan karyawan akan lebih baik dan lebih lengkap lagi bila disertai juga dengan asuransi jiwa. Asuransi jiwa sendiri merupakan jenis asuransi yang memberikan proteksi finansial kepada ahli waris atau keluarga, apabila pemegang asuransi atau tertanggung telah meninggal dunia. Asuransi ini bisa melindungi keluarga dari hilangnya pendapatan.

Karena biasanya tertanggung merupakan tulang punggung dari keluarga, sehingga asuransi jiwa penting bagi keluarga yang ditinggalkan. Dengan adanya asuransi jiwa, maka masalah finansial yang dapat terjadi, seperti kebutuhan sehari hari, biaya pendidikan anak anak, cicilan rumah, dan lain sebagainya bisa diatasi dengan baik.

8. Uang Pertanggungan Sebanding dengan Biaya Rumah Sakit

Di dalam asuransi kesehatan, terdapat produk yang menanggung biaya pengobatan berdasarkan dari tagihan rumah sakit atau limit tahunan. Namun terdapat juga uang pertanggungan rawat inap yang harian. Pada jenis yang kedua ini, bila tagihan rumah sakit telah melebihi batas rawat inap harian maka sisanya harus dibayar oleh peserta asuransi.

Pastikan anda telah memahami dengan jelas ketentuan ini dengan membaca polis secara cermat. Pastikan agar uang pertanggungan yang disediakan tidak lebih rendah dari biaya rawat inap yang dibebankan oleh rumah sakit saat ini. Uang pertanggungan ini jumlahnya berbeda beda tergantung dari besar kecilnya premi yang dibayarkan oleh perusahaan.

Demikian tips memilih penyedia asuransi perusahaan. Patut diketahui bahwa penyediaan asuransi membuat karyawan loyal kepada perusahaan. Jadi, bagi anda yang sedang mencari provider asuransi perusahaan, pastikan bahwa provider asuransi memiliki 8 kriteria perusahaan penyedia asuransi perusahaan terbaik.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang