Di samping gaji bulanan yang mereka terima, karyawan juga berhak mendapatkan tunjangan seperti diatur dalam Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Tunjangan bisa dianggap sebagai dana pelengkap gaji yang wajib dialokasikan oleh perusahaan untuk karyawannya. Besar dan frekuensi tunjangan cukup beragam tergantung pada kebutuhan setiap karyawan dan kebijakan perusahaan. Beberapa jenis bersifat tetap, artinya diberikan secara rutin beserta gaji dalam bentuk uang, sedangkan jenis lain sifatnya tidak tetap dan bentuknya bisa berupa fasilitas tambahan.

Berdasarkan survei oleh SHRM (Society for Human Resource Management) pada tahun 2018, sebanyak 92% karyawan setuju bahwa tunjangan merupakan salah satu poin terpenting yang mempengaruhi tingkat kepuasan dan kesejahteraan kerja. Hampir sepertiga karyawan mengatakan mereka akan mencari pekerjaan di perusahaan lain jika ada tawaran tunjangan yang lebih baik, sedangkan 32% dari semua karyawan merasa betah dengan pekerjaan sekarang karena pemberian tunjangan yang memadai.

Kenapa Perusahaan Perlu Memberi Tunjangan Karyawan

Jika dipandang dari sudut pandang finansial, tunjangan karyawan memang bisa terlihat seperti beban bagi perusahaan dan hanya menguntungkan karyawan. Pada kenyataannya, tunjangan memberi manfaat luar biasa besar bagi pihak perusahaan juga, misalnya:

  • Peningkatan Produktivitas 

Karyawan yang merasa nyaman berada di lingkungan kerja menjadi lebih fokus sekaligus menikmati waktunya di tempat kerja. Mereka merasa dihargai sebagai karyawan yang telah mendedikasikan tenaga dan pikiran untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Seperti halnya bonus, tunjangan adalah satu bentuk motivasi paling kuat agar karyawan tetap menjaga performa kerja. Pada akhirnya, manfaat akan dirasakan bagi pihak pemberi tunjangan, yang dalam hal ini, adalah perusahaan itu sendiri.

  • Memastikan Loyalitas Karyawan Berprestasi

Dalam iklim usaha yang kompetitif, karyawan berdedikasi tinggi menjadi incaran para pesaing. Banyak perusahaan yang akan berusaha merekrut dengan rayuan gaji lebih tinggi dan insentif besar pula. Tanpa langkah preventif dari pihak perusahaan, kemungkinan besar karyawan tersebut akan menerima tawaran dari pihak luar. Pemberian tunjangan merupakan sebuah langkah antisipasi yang tepat, di samping kontrak kerja.

  • Menarik Minat Pelamar Berpotensi

Perlu diingat bahwa memang banyak tenaga usia produktif yang mencari pekerjaan di Indonesia, tapi tidak semua memiliki kemampuan tinggi dan profesionalisme kuat. Jika sebuah perusahaan ingin menarik minat calon karyawan berkualitas, kesempatan kerja yang diberikan harus disertai tunjangan yang cukup. Atas dasar hal tersebut, perusahaan pantas melakukan proses seleksi ketat, jadi pelamar yang diterima adalah pribadi mumpuni dan cakap dalam pekerjaan; dengan kata lain, karyawan baru hanya membutuhkan pelatihan singkat dan bisa bekerja secara profesional secepatnya.

  • Menjaga Mentalitas Karyawan Dalam Masa Sulit

Situasi bisnis sering berubah tidak menentu dan kondisi ekonomi volatil. Apalagi pada masa sekarang dengan wabah COVID-19 yang belum bisa teratasi. Dalam masa sulit seperti ini, perusahaan harus mengambil langkah tepat untuk menghindari tekanan finansial bagi karyawan, yang bisa mengakibatkan stres. Saat kesehatan mental menurun karena kekhawatiran Pemberhentian Hubungan Kerja dan tekanan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari mereka, produktivitas ikut menurun. Tunjangan kesehatan dan fasilitas medis di tempat kerja bisa menjadi pendorong semangat bagi karyawan; rasa cemas berkurang karena perusahaan memberi jaminan kesehatan yang baik.

Peran Teknologi Digital dalam Manajemen Tunjangan 

Dengan menggunakan teknologi digital, Bagian Personalia (atau biasa disebut HRD) dalam sebuah perusahaan bisa dengan mudah mengendalikan proses administrasi tunjangan karyawan. Pemanfaatan sistem digital juga memberi kesempatan bagi karyawan dalam menganalisa pilihan tunjangan yang tersedia. Misalnya saat seorang karyawan menikah, bercerai, memiliki seorang anak, atau peristiwa lain yang bisa mempengaruhi besar tunjangan, dia bisa melakukan pembaruan data mandiri dan sistem secara otomatis mengirim notifikasi ke bagian HRD untuk proses verifikasi.

HRD bisa memberi panduan dalam bentuk digital dan bisa diakses oleh setiap karyawan, jadi setiap keputusan yang mereka ambil berdasarkan informasi akurat dari pihak perusahaan, bukan sumber lain yang belum tentu benar. Selain itu, bagian HRD tidak harus meluangkan terlalu banyak waktu untuk hal administratif monoton dan bisa memberi kontribusi lebih besar untuk tugas penting dan strategis lain misalnya perekrutan, konseling, dan pelatihan.

Pada dasarnya implementasi teknologi digital untuk tunjangan karyawan berarti menggunakan sistem lama yang berkutat dengan formulir pendaftaran atau proses administratif manual dan sebagainya menjadi pendataan berbasis online. Dari sudut pandang perusahaan, digitalisasi administrasi tunjangan memastikan pembaruan real-time, maksudnya data yang tertera di sistem adalah informasi terbaru dan valid. Pemberian tunjangan atau bentuk kompensasi lain bisa tepat sasaran dengan syarat data referensi yang digunakan juga akurat. Proses pemberian tunjangan serta perhitungan jumlah yang harus dibayarkan bagi setiap karyawan menjadi jauh lebih efektif.

Sebagai contoh, salah satu perusahaan teknologi mampu mengurangi waktu perencanaan kompensasi dan benefit hingga hampir 65% (dari delapan minggu menjadi hanya tiga minggu saja) berkat pemanfaatan teknologi digital. Sebuah firma finansial besar juga melaporkan penurunan biaya operasional sampai 10 juta dolar karena sistem tunjangan karyawan sudah berbasis teknologi digital.

Kami di Aman siap membantu Anda meningkatkan pengalaman tunjangan karyawan Anda. Lupakan proses manual berbasis kertas, permudah administrasi tunjangan karyawan perusahaan Anda dengan satu platform terpusat yang mudah digunakan. Nikmati pembelian mudah, administrasi simpel dan engagament karyawan yang lebih tinggi. Hubungi kami lewat live chat yang terletak di pojok kanan bawah website atau email kami di wecare@amanco.id

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang