Penghujung tahun telah tiba, apakah Anda sudah mengelola bonus akhir tahun secara bijak?  Biasanya pergantian tahun identik dengan penantian bonus dari perusahaan tempat seseorang bekerja. Bonus akhir tahun adalah salah satu momentum yang paling dinantikan oleh setiap karyawan di suatu perusahaan, sebab bonus akhir tahun merupakan bagian dari penghasilan yang diperoleh satu kali dalam setahun bekerja. Namun, ketika menerima bonus akhir tahun terkadang kita sering kali langsung kalap dan menghabiskannya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Agar kejadian tersebut tidak terulang kembali, maka kita perlu menerapkan strategi dalam mengelola bonus akhir tahun secara bijak.
Berikut ini jurus mengelola bonus akhir tahun secara efektif sesuai rencana keuangan.

Sedekah

Biar rezeki Anda lebih berkah, maka jangan lupa untuk menyisihkan sebagian bonus untuk kewajiban agama seperti sedekah atau zakat. Anda dapat menyalurkan sumbangan tersebut ke rumah ibadah yang sedang dibangun di sekitar lingkungan, panti asuhan, panti jompo, atau organisasi amal lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menyisihkan sebagian bonus akhir tahun untuk daerah yang terlanda bencana atau lembaga konservasi lingkungan bagi Anda yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Berbagi dengan sesama manusia atau makhluk hidup lainnya akan membuat hidup Anda lebih bahagia

Bayar Utang

Kemajuan teknologi saat ini telah memberi kemudahan setiap orang dalam memperoleh pinjaman atau utang. Berbagai kebutuhan dan keinginan konsumtif seperti pembelian makanan, kendaraan, properti, tiket liburan, dan berbagai pembelian lainnya semakin mudah dijangkau karena sebagian besar banyak didanai oleh pinjaman online. Dengan biaya pinjaman serta administrasi yang cukup tinggi, maka saat memperoleh tambahan penghasilan dapat dialokasikan untuk pelunasan utang.

Dana Darurat

Persiapan dana untuk kebutuhan tak terduga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini sangat dibutuhkan oleh seseorang dalam menghadapi kondisi – kondisi tertentu dan bersifat mendesak seperti gangguan kesehatan, kecelakaan, peralatan kerja rusak, kehilangan pekerjaan, renovasi tempat tinggal, tagihan atau wabah penyakit seperti pandemi virus Covid-19 yang saat ini terjadi hampir di seluruh belahan dunia. Oleh sebab itu, penting memiliki dana darurat sebagai alat bantu seseorang untuk meminimalisir pengeluaran dadakan pada kondisi tersebut.

Jika simpanan dana darurat Anda belum mencapai jumlah ideal pada umumnya, maka opsi bonus akhir tahun bisa menjadi pilihan untuk membantu perencanaan dana darurat Anda secara ideal. Untuk dana darurat sebaiknya ditempatkan dalam bentuk tabungan agar mudah dicairkan menjadi tunai serta tidak memiliki risiko turun nilainya.

Investasi

Bonus akhir tahun dapat dialokasikan untuk menambah saldo target dana untuk beberapa tujuan keuangan Anda, salah satunya yaitu investasi. Jika Anda sudah yakin pada instrumen investasi tertentu, maka Anda bisa mulai berinvestasi dari sekarang. Semakin cepat berinvestasi, semakin besar potensi keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Jika Anda masih lajang, maka dana pensiun bisa menjadi prioritas utama dalam alokasi investasi. Sedangkan, jika Anda sudah berkeluarga, maka dana pendidikan anak dan dana pensiun bisa menjadi opsi dalam berinvestasi. Tentunya tujuan investasi disesuaikan dengan skala prioritas, agar kondisi keuangan Anda tetap sehat.

Bersenang – senang

Bonus akhir tahun yang diterima saat ini merupakan hasil kerja keras Anda selama setahun. Jangan lupa bahwa usaha dan kerja keras tetap wajib untuk dinikmati oleh setiap orang dan keluarganya. Jika kebutuhan utama dan tagihan sudah terbayar, Anda dapat mengalokasikan 20% dari bonus akhir tahun Anda untuk liburan atau memanjakan diri. Berwisata ke lokasi yang indah, merawat diri di salon, atau membeli barang kesukaan dapat menjadi pilihan untuk melepas kejenuhan serta tekanan pada masa sebelumnya. Diperlukan kedisiplinan dan pengendalian diri yang baik dalam mengelola bonus akhir tahun yang dianggarkan untuk kegiatan bersenang – senang ini, agar kondisi keuangan kita tetap terjaga dengan baik.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang