Secara umum, tunjangan dapat diartikan sebagai tambahan di luar gaji pokok yang diberikan kepada karyawan untuk menunjang penghasilan. Terkait tunjangan karyawan ini, setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing masing. Perusahaan bisa memberikan tunjangan kepada para pekerjanya dengan kondisi serta ketentuan tertentu, seperti kinerja, pendidikan, jabatan, dan lain lain. Pentingnya tunjangan karyawan dapat membuat karyawan Anda semakin betah. Berikut beberapa jenis tunjangan karyawan yang ada di perusahaan.

Jenis Tunjangan Karyawan yang Diberikan Oleh Perusahaan

Tunjangan Transportasi

Tunjangan transportasi merupakan tunjangan yang disediakan untuk karyawan dengan mobilitas tinggi, dalam melakukan tugas pekerjaannya. Sebagai contoh yaitu karyawan marketing yang perlu untuk ke luar kantor, dalam rangka melakukan meeting dengan klien. Maka perjalanan dinas ke luar kota ataupun ke luar pulau juga akan ditanggung menggunakan tunjangan transportasi ini.

Tunjangan transportasi bisa berupa uang tunai untuk mengganti biaya transport dari karyawan, atau langsung dalam bentuk tiket perjalanan beserta dengan akomodasinya. Bisa juga dalam bentuk fasilitas kendaraan beserta dengan bahan bakarnya, hal ini tergantung pada kebijakan masing masing dari perusahaan. Tunjangan transportasi ini diberikan pada karyawan untuk kelancaran pekerjaannya, yang berimbas langsung pada keuntungan dari perusahaan.

Tunjangan Hari Raya

Jenis tunjangan karyawan ini merupakan satu satunya yang hanya ada di Indonesia. Tunjangan hari raya atau biasa disingkat menjadi THR, diberikan satu tahun sekali saat menjelang hari raya idul fitri. Namun ada juga beberapa perusahaan yang memberikannya pada saat natal di bulan Desember. Pemerintah sendiri telah mengaturnya di dalam undang undang, bahwa THR paling lambat harus diberikan 14 hari sebelum hari raya.

Besaran THR ini umumnya adalah 1 kali dari gaji bulanan, dan bisa disertai juga dengan parcel yang berisi sembako, sirup, biskuit, maupun kebutuhan lainnya untuk menyambut hari raya. Tunjangan hari raya ini menjadi sesuatu yang wajib bagi perusahaan perusahaan di Indonesia, karena idul fitri menjadi momen yang membudaya pada masyarakat Indonesia yang mayoritas merupakan umat muslim.

Tunjangan Lembur

Tunjangan lembur diberikan kepada karyawan yang melakukan pekerjaan di luar waktu kerja yang telah disepakati dalam kontrak. Namun jenis tunjangan karyawan ini terkenal tricky, sehingga perusahaan harus benar cermat dalam menerapkan ketentuan serta batasannya. Tunjangan lembur juga telah diatur secara resmi di dalam undang undang, maka perusahaan tentu harus memperhatikan semua yang tercantum dalam undang undang tersebut.

Jangan sampai terjadi yang namanya over target, sehingga perusahaan harus memberikan tunjangan lembur yang berlebih kepada karyawan akibat dari pekerjaan yang terlalu banyak. Tunjangan ini sendiri perlu diawali dengan persetujuan dari karyawan, yang berkaitan dengan waktu lembar dan besarnya upah lembur yang disepakati bersama. Perusahaan tidak bisa serta merta langsung memerintahkan karyawan untuk lembur tanpa kesepakatan terlebih dahulu.

Tunjangan Tahunan

Sesuai dengan namanya, tunjangan tahunan akan diberikan selama satu kali dalam satu tahun. Biasanya jenis tunjangan karyawan ini diberikan ketika target perusahaan dalam satu tahun telah tercapai, atau bahkan telah melebihi target yang ada. Tujuan diberikannya tunjangan adalah untuk memberikan apresiasi kepada para pekerja, atas kontribusi yang telah mereka curahkan untuk perusahaan selama satu tahun.

Dengan kata lain tunjangan tahunan ini sifatnya seperti uang bonus yang di luar gaji pokok. Sayangnya tunjangan karyawan ini tidak pasti akan diberikan setiap tahun, sebab yang menjadi acuan adalah target tahunan dari perusahaan. Selain itu, besarnya tunjangan juga bergantung pada seberapa besar dari target perusahaan yang bisa terlampaui. Jadi jika perusahaan tidak profit, tentu tunjangan tahunan tidak dapat diberikan kepada para karyawan.

Tunjangan Kesehatan

Tunjangan kesehatan merupakan tunjangan yang paling umum diberikan kepada karyawan setelah upah atau gaji. Pentingnya tunjangan kesehatan ini sebagai upaya dalam mengantisipasi atau respon terhadap risiko kecelakaan yang mengancam kesehatan serta keselamatan karyawan. Kini pemerintah juga mewajibkan berbagai perusahaan untuk mendaftarkan para pekerjanya pada BPJS kesehatan.

Besaran dari tunjangan kesehatan ini biasanya akan disesuaikan dengan risiko kecelakaan kerja pada pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan yang bersangkutan. Semakin tinggi risiko kerja yang dimiliki oleh seorang karyawan, maka akan berbanding lurus dengan tunjangan kesehatannya. Atau berarti perusahaan akan menyiapkan angka tunjangan yang besar apabila karyawannya memiliki risiko kerja yang tinggi.

Tunjangan Istri dan Anak

Jenis tunjangan karyawan ini sangat umum bagi karyawan, baik pada karyawan pemerintah maupun karyawan dari perusahaan swasta. Karena memang tunjangan istri dan anak ini merupakan salah satu jenis tunjangan yang diwajibkan oleh pemerintah. Tunjangan istri merupakan tunjangan bagi karyawan yang telah menikah, dan posisi istri mereka yaitu ibu rumah tangga atau tidak bekerja.

Kemudian tunjangan anak merupakan tunjangan bagi para karyawan yang telah memiliki anak, ataupun anak angkat dengan usia kurang dari 21 tahun dan belum mempunyai penghasilan sendiri. Aturan mengenai tunjangan anak ini tertuang dalam PP Nomor 7 Tahun 1977, dimana tunjangan ini biasanya akan dibatasi hingga maksimal sejumlah 3 anak. Dengan kata lain bila seorang karyawan memiliki 4 orang anak, maka perusahaan hanya menanggung 3 saja.

Besaran dari jumlah setiap macam tunjangan ini sangat bergantung pada keuangan perusahaan, kecuali beberapa tunjangan yang telah diatur dan ditetapkan oleh pemerintah. Seperti tunjangan kesehatan yang diberikan melalui BPJS Kesehatan, yakni 5 persen dari gaji setiap bulan yang dimiliki oleh karyawan. Dengan ketentuan yaitu 4 persennya dibayarkan oleh perusahaan dan 1 persennya dibayarkan oleh peserta atau karyawan itu sendiri.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang