Karyawan merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan. Hal ini membuat perusahaan perlu menawarkan hal lain di samping gaji pokok untuk memotivasi karyawannya, sekaligus menjaring tenaga kerja baru yang kompeten.

Hal lain yang dimaksud di sini yaitu employee benefit atau benefit karyawan. Benefit adalah keuntungan atau kompensasi di luar gaji utama yang diberikan kepada karyawan. Lebih lanjut mengenai employee benefit, simak ulasannya berikut.

Pengertian Employee Benefit

Seperti yang sudah sempat disinggung di awal, employee benefit merupakan sebuah keuntungan atau kompensasi di luar gaji pokok yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. 

Employee benefit tersebut termasuk fasilitas yang diperoleh oleh karyawan, yang mana sifatnya non tunai. Di Indonesia sendiri, pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memberikan benefit berupa BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan kepada para pekerja.

Dengan adanya employee benefit, diharapkan bahwa kesejahteraan karyawan bisa tercapai sekaligus menjaga loyalitas para pekerja agar setia bekerja di perusahaan. Selain itu, benefit juga akan membuat karyawan bekerja lebih optimal.

 

Perbedaan Benefit dan Kompensasi

Setelah mengetahui pengertian benefit adalah keuntungan atau bisa juga kompensasi yang diterima oleh karyawan di luar gaji pokok. Akan tetapi, benefit sebenarnya dapat dibedakan dari kompensasi.

Secara sederhana, kompensasi diartikan sebagai salah bentuk pemberian perusahaan yang berkaitan dengan pekerjaan. Penyebutan istilah ini mengacu pada paket yang terdiri atas beberapa komponen, seperti gaji, bonus, tunjangan, insentif, dan lain sebagainya.

Perusahaan umumnya menawarkan paket kompensasi ketimbang hanya membicarakan terkait gaji pokok semata, tujuannya adalah untuk menarik calon karyawan. Jadi, kompensasi adalah pemberian perusahaan sebagai balas jasa terhadap tenaga, keahlian, waktu, dan pengetahuan karyawan.

Bentuk kompensasi sendiri umumnya ada tiga yaitu kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung, dan kompensasi non finansial. Contoh kompensasi finansial langsung yaitu komisi dan tunjangan hari raya.

Sementara contoh kompensasi finansial tidak langsung antara lain makan siang gratis, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, hingga keanggotaan gym. Dan contoh kompensasi non finansial yakni cuti melahirkan 4 bulan sampai jenjang karir yang jelas.

Sedangkan di lain sisi, benefit adalah semua jenis pemberian di luar gaji dari perusahaan kepada karyawan yang sifatnya non tunai. Jadi benefit ini bisa berupa kompensasi non finansial maupun kompensasi finansial tidak langsung.

Contoh benefit antara lain fasilitas untuk menyeimbangkan kerja dan kehidupan seperti berbagai voucher gaya hidup dan tiket perjalanan. Lalu program perlindungan karyawan seperti asuransi dan akses pinjaman karyawan juga termasuk salah satu bentuk dari benefit.

 

Faktor Penentu Besarnya Benefit

Besarnya benefit yang diterima oleh masing masing karyawan umumnya bisa berbeda antara satu sama lain. Dimana ada beberapa faktor penentu yang membuat besarnya benefit tersebut berbeda antara setiap karyawan.

Adapun faktor penentu besarnya benefit antara lain pendidikan dan pengalaman karyawan serta kemampuan dari perusahaan. Tentunya semakin tinggi pendidikan dan pengalaman seorang karyawan, maka benefit yang ditawarkan oleh perusahaan umumnya akan lebih tinggi.

Namun kemampuan perusahaan juga turut andil mempengaruhi besarnya benefit yang diterima. Jika perusahaan untung, bukan tidak mungkin jika benefit yang ditawarkan lebih besar. 

Selain itu, faktor lain yang menjadi penentu besarnya benefit adalah penawaran dan permintaan. Jika penawaran suatu lowongan pekerjaan tinggi, maka benefit yang diberikan relatif kecil. Sebaliknya, penawaran yang lebih sedikit dibandingkan lowongan pekerjaan akan membuat benefit cenderung lebih besar.

Demikian informasi singkat mengenai benefit di dalam perusahaan. Adanya benefit ini memang sangat penting, karena tidak jarang karyawan akan memilih perusahaan dengan benefit besar meskipun gaji yang ditawarkan umumnya sama.

 

Temukan Benefit Karyawan Terbaik dan Terpercaya!

Platform digital Aman membantu perusahaan untuk lebih mudah mencari dan mengelola asuransi karyawan.  

Bagi kamu yang ingin mencari asuransi karyawan untuk perusahaanmu, caranya sangatlah mudah! Tidak pakai repot, hubungi Aman sekarang.

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang