Di era modern seperti sekarang, asuransi menjadi salah satu hal yang sangat sering diperbincangkan oleh masyarakat. Bahkan ada pula orang yang menjadikan produk asuransi sebagai pendamping hidup, layaknya bagian dari salah satu kebutuhan primer lainnya. Namun di sisi lain, ada yang memandang asuransi dengan konotasi negatif dan memilih untuk menghindarinya. Lantas apa yang dimaksud dengan asuransi sebenarnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa yang Dimaksud dengan Asuransi?

Istilah ini diambil dari kata bahasa Inggris yakni insurance yang mempunyai arti pertanggungan. Jadi bisa diartikan bahwa asuransi merupakan sebuah perjanjian pertanggungan yang dilakukan antara dua pihak atau lebih, untuk memberikan jaminan atas suatu hal yang telah dijadikan perjanjian.

Hal senada tercantum dalam KUHD pasal 246 yang juga menjelaskan mengenai pertanggungan tersebut. Sehingga secara sederhana, asuransi bisa diibaratkan dengan menyediakan payung sebelum hujan. 

Dalam hal ini, pihak yang terlibat pada perjanjian asuransi yaitu pihak penanggung dan pihak tertanggung. Dimana pihak penanggung merupakan perusahaan asuransi yang menanggung ganti rugi, sementara pihak tertanggung adalah yang mendaftar dan mengasuransikan dirinya ke perusahaan.

Selama kesepakatan di dalam apa yang dimaksud dengan asuransi ini berlangsung, maka akan ada yang disebut sebagai premi. Premi sendiri yaitu biaya yang dibayarkan oleh pihak tertanggung kepada pihak penanggung sebagai bentuk persyaratan.

 

Unsur Utama pada Asuransi

Secara umum, asuransi mempunyai 3 unsur utama yang mana salah satunya yaitu premi seperti yang telah disinggung sebelumnya. Selain premi, unsur utama lainnya yang ada di dalam perjanjian asuransi yaitu polis asuransi dan klaim asuransi.

Untuk premi, seperti yang telah disebutkan yaitu iuran yang dibayarkan oleh pihak tertanggung atau nasabah selama asuransi berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Premi sendiri bisa dibayarkan secara bulanan, semesteran, maupun tahunan tergantung ketentuan dari produk asuransi.

Lalu polis asuransi merupakan sebuah dokumen legal yang mengatur secara lengkap mengenai perjanjian asuransi tersebut. Di dalamnya mencakup besaran premi, nilai manfaat, risiko yang ditanggung asuransi, sampai dengan pengecualian pertanggungan.

Karena polis asuransi tersebut mempunyai kekuatan hukum sah di dalam apa yang dimaksud dengan asuransi, maka dokumen ini bisa dijadikan sebagai bukti untuk menghentikan kerja atau menggugat salah satu pihak yang menyalahi aturan perjanjian.

Sedangkan klaim asuransi yakni suatu proses pengajuan resmi yang dilakukan nasabah kepada pihak perusahaan asuransi, ketika risiko yang ditanggung dalam polis terjadi. Setelah klaim dibuat sesuai ketentuan di dalam polis, nantinya perusahaan asuransi akan memberikan manfaat asuransi sebagai ganti rugi.

 

Fungsi Asuransi

Setelah melihat pengertian asuransi dan unsur unsur utama yang ada di dalamnya, kamu pasti sudah mendapatkan gambaran mengenai apa fungsi dari asuransi tersebut. Meski fungsi dari asuransi sendiri bisa berbeda beda antara satu jenis asuransi dengan jenis lainnya.

Namun fungsi asuransi secara umum yaitu mengatasi risiko yang tidak terduga dalam hidup. Adanya asuransi tidak serta merta menjamin risiko yang ada akan hilang. Akan tetapi, produk asuransi dapat meminimalisir kerugian finansial yang diakibatkan oleh risiko tersebut.

Penting untuk diingat, apa yang dimaksud dengan asuransi ini bukan sebagai kepastian bahwa kamu akan mendapat uang yang jauh lebih besar. Perannya adalah berfokus pada perlindungan atas risiko yang tidak dapat kamu prediksi, ibarat menyediakan payung sebelum hujan.

Jadi asuransi bukan untuk mendapatkan uang dengan jumlah yang lebih banyak, ataupun membuat kamu kebal dengan berbagai risiko. Melainkan sebagai proteksi untuk meminimalisir kerugian finansial. Oleh karena itu, penting untuk mengimbanginya dengan menabung maupun kegiatan investasi lainnya.

 

Memiliki Asuransi adalah Langkah yang Tepat!

Siapa bilang memiliki asuransi sama saja merugikan? Asuransi bagi setiap individu adalah suatu kewajiban, asuransi membantu kita dalam mencegah pengeluaran berlebih di waktu-waktu tertentu. 

Khususnya bagi karyawan, penyediaan asuransi yang baik merupakan suatu bentuk jaminan dan penghargaan Anda terhadap seluruh karyawan. Hanya saja, memilih premi dan polis harus dilakukan dengan saksama. Memilih premi yang tepat tentu akan membantu keuangan perusahaan menjadi lebih efisien. 

Kenali kebutuhan Anda bersama Aman, pastikan karyawan Anda mendapatkan pelayanan terbaik dan maksimal. Ingat yang terbaik tidak selamanya mahal, namun sesuai dan tepat. Konsultasikan keperluan Anda bersama Aman sekarang!

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang