Di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali masyarakat yang sudah membeli produk asuransi khususnya di daerah perkotaan. Dimana manfaat dari asuransi ini sendiri yaitu mempersiapkan jaminan atas berbagai risiko yang mungkin bisa terjadi. 

Kalau kamu berencana mendaftar dan membeli produk asuransi, nantinya kamu akan mendapatkan dokumen bernama polis asuransi. Apa itu polis? Berikut simak penjelasannya terlebih dahulu.

 

Pengertian Polis Asuransi

Saat mendaftar dan membeli sebuah produk asuransi, maka kamu dan perusahaan asuransi memiliki perjanjian dimana nantinya perjanjian tersebut akan tertuang di dalam kontrak resmi yang disebut dengan polis.

Jadi bisa dibilang bahwa pengertian polis asuransi yaitu dokumen legal yang merupakan kontrak tertulis antara pemegang polis dan penanggung polis. Pemegang polis di sini bisa kamu atau siapapun yang berperan untuk membayar polis. Sementara penanggung polis adalah pihak perusahaan asuransi.

Di dalam polis, tertuang semua hal mengenai syarat dan ketentuan dari perjanjian yang dilakukan antara kedua belah pihak. Ini juga mencakup hak serta kewajiban dari masing masing pihak yang bersangkutan.

Secara umum, apa itu polis memastikan bahwa pemegang polis akan memberikan informasi mengenai data pribadinya yang akurat dan wajib membayar premi sesuai dengan perjanjian tertulis.

Selain itu, polis juga memastikan bahwa penanggung polis wajib memberikan manfaat asuransi ketika risiko yang telah ditanggung sesuai perjanjian terjadi. Mungkin beberapa nasabah akan merasa malas ketika harus membaca keseluruhan polis tersebut.

Akan tetapi, pastikan kamu sudah membaca dan memahami semua ketentuan yang tertuang di dalam polis sebelum menyetujuinya. Karena polis ini akan sangat penting bagi nasabah maupun perusahaan asuransi.

 

Fungsi Polis Asuransi

Seperti yang telah disebutkan, polis mempunyai peran yang sangat penting baik bagi nasabah maupun perusahaan penyedia asuransi. Terlebih dokumen ini bersifat legal dan tentunya memiliki kekuatan hukum yang sah apabila dilanggar oleh salah satu pihak.

Fungsi polis asuransi bagi nasabah adalah mereka akan mendapat pertanggungan atas risiko tertentu yang terjadi, menyatakan besar premi yang harus dibayarkan secara berkala, dan sebagai alat bukti untuk mengajukan tuntutan hukum apabila perusahaan asuransi tidak melakukan kewajibannya.

Sedangkan bagi penanggung atau perusahaan asuransi, apa itu polis mempunyai fungsi antara lain perusahaan sudah menerima premi asuransi dari nasabah, perusahaan memberikan pertanggungan sesuai ketentuan di dalam polis, dan alat bukti penolakan klaim asuransi apabila tidak memenuhi syarat.

 

Jenis Polis Asuransi

Pada praktiknya, terdapat berbagai macam jenis polis asuransi yang beredar di masyarakat. Perbedaan dari masing masing jenis sendiri seringkali disebabkan lantaran jenis produk yang dipilih oleh nasabah.

Jadi jika dijabarkan satu per satu, maka bisa ada banyak sekali jenis polis asuransi. Bahkan salah satu jenis polis asuransi bisa dikategorikan kembali lebih lanjut. Misalnya pada polis asuransi jiwa dan polis asuransi kesehatan.

Polis asuransi jiwa melindungi jiwa seseorang melalui santunan tunai. Polis ini memiliki berbagai macam bentuk, misalnya polis berjangka (term life), seumur hidup (whole life), unit link, asuransi jiwa anak, dan asuransi pensiun. 

Sementara polis asuransi kesehatan adalah yang digunakan untuk mengatur mengenai ketentuan jaminan kesehatan, yang mana jaminannya bisa berupa rawat jalan maupun rawat inap dengan pertanggungan mencakup biaya medis.

Apa itu polis kesehatan mempunyai beberapa kategori, seperti kesehatan pribadi, kesehatan keluarga, asuransi penyakit kritis, kesehatan lansia, kesehatan kantor, asuransi melahirkan, hingga asuransi kecelakaan pribadi.

Jadi sudah paham bukan pentingnya polis ini dalam asuransi ? Sehingga pastikan kamu membacanya dengan teliti ketika membeli produk asuransi. Di samping itu, ada baiknya kamu juga menyiapkan tabungan dan melakukan investasi untuk mendukung perlindungan finansial atas berbagai risiko.

 

Bijak Memilih Polis Cegah Kerugian Besar!

Tidak sedikit perusahaan salah memilih benefit sehingga harus membayar lebih untuk keuntungan yang tidak terlalu berarti bagi para pekerjanya. Pekerja adalah tempat Anda berinvestasi, untuk itu pilihlah polis sesuai dengan plafon dan kebutuhan yang tepat. Bandingkan dan sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki! Tunggu apalagi? Konsultasikan terlebih dahulu bersama Aman untuk kebutuhan polis karyawan Anda!

Keamanan adalah prioritas, bukan opsi.
Kami akan memastikan Anda berada di tangan yang baik.

Mulai Sekarang